Sandiga Usul Debat Pilpres Ketiga Tanpa Panelis

Oleh Liputan6.com pada 18 Feb 2019, 18:24 WIB
Momen Pidato Kebangsaan Prabowo Sandi Indonesia Menang

Liputan6.com, Jakarta - Cawapres Sandiaga Salahuddin Uno ingin di debat capres ketiga tak perlu panelis. Dia menilai daftar pertanyaan yang telah dibuat tim panelis dalam debat kedua tak bisa ditangkap masyarakat.

"Saya mengusulkan untuk debat selanjutnya terutama debat ketiga antara wakil presiden bahwa kita tidak usah diberikan pertanyaan," kata Sandi di Media Center pemenangan Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya I, Jakarta, Senin (18/2/2019).

Sandiaga ingin agar para kandidat bisa menyampaikan visi-misi dan program kerja tanpa harus ada pertanyaan dari panelis terlebih dahulu. Dengan begitu, nantinya masing-masing paslon bisa memberikan komentar atau menanggapi dengan apa yang telah disampaikan lawan debatnya.

"Jadi untuk masing-masing topik misalnya kesehatan, pendidikan apa yang menjadi visi misi Indonesia Menang Prabowo-Sandi dan silakan dipertanyakan atau dikritisi," ungkapnya.

Dengan begitu, debat antar paslon ini akan jauh lebih menarik dibanding dengan menjawab pertanyaan para panelis. Karena jika para paslon menjelaskan visi, misi dan program tanpa harus menjawab pertanyaan dari panelis, bisa memberikan penjelasan lebih banyak kepada masyarakat terkait apa yang akan dilakukan untuk Indonesia lima tahun mendatang.

"Di situlah tentang debat yang sesungguhnya, yang memberikan diferensiasi. Karena kalau ada pertanyaan (panelis) itu enggak ditangkap sama sekali sama masyarakat, susah sekali masyarakat menangkapnya," pungkas Sandiaga.

 

Reporter: Nur Habibie

2 of 2

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓