Sukses

Timses Jokowi: Pertanyaan soal Unicorn Bukan Menjebak Prabowo

Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding menambahkan, kebingungan Prabowo akan pertanyaan mengenai unicorn adalah bukti Prabowo tidak begitu akrab dengan budaya milenial.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Usman Kansong mengatakan, calon presiden nomor urut 01, Jokowi sama sekali tidak berusaha menjebak calon presiden nomor urut 02, Prabowo dengan pertanyaan mengenai Unicorn dalam debat kedua Pilpres, Minggu 17 Februari 2019.

Menurutnya, sudah jelas pertanyaan Jokowi tersebut menyangkut infrastruktur, sehingga tidak keluar dari tema debat.

"Nah Unicorn dalam konteks tadi infrastruktur internet kita, Pak Jokowi juga bilang backbone, berulang kali backbone bilang, yaitu menunjukkan bahwa yang dimaksud Pak Jokowi adalah infrastruktur. Jadi pertanyaan itu sama sekali tidak menjebak karena masih kontekstual dengan tema terkait infrastruktur digital," kata Usman di Jalan. Cemara, Menteng, Jakarta, Senin (18/2/2019).

Apalagi, Jokowi juga sempat menyebutkan soal Palapa Ring dan broadband internet yang terdapat di Indonesia. Hal ini Usman anggap telah memperjelas bahwa bahasan masih terkait dengan infrastruktur.

Selain itu, Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding menambahkan, kebingungan Prabowo akan pertanyaan mengenai Unicorn adalah bukti Prabowo tidak begitu akrab dengan budaya milenial.

"Bukti saja bahwa umur dan usia Pak Prabowo sudah memiliki gap yang jauh dengan anak-anak milenial. Jadi istilah-istilah yang terjadi di milenial ini Pak Prabowo tidak paham. Itu saja problemnya. Nah kalau istilah saja tidak paham, bagaimana visinya, bagaimana kebijakannya," ujar Karding.

Ia pun meminta para kaum milenial untuk membuka mata akan siapa yang sebenarnya pro milenial.

"Siapa yang mengizinkan mendorong membuka seribu startup, siapa yang mempermudah pembuatan startup, siapa yang menyiapkan infrastruktur digital, itu hanya satu, namanya Pak Jokowi," tandas Karding.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertanyaan Unicorn dari Jokowi

Capres petahana Joko Widodo atau Jokowi memberi pertanyaan kepada Prabowo Subianto mengenai insfrastruktur apa yang akan dilakukan untuk mendorong dan mendukung Unicorn di Indonesia saat debat capres kedua.

Unicorn merupakan sebutan bagi start-up atau perusahaan rintisan yang bernilai di atas 1 miliar dolar Amerika Serikat. Prabowo pun memberi tanggapan,"Yang dimaksud Unicorn, apa yang online-online itu?" tanya Prabowo.

Prabowo pun menjelaskan, mereka perlu difasilitasi dan mengurangi regulasi. Karena mereka sedang giat giatnya berkembang.

"Saya dukung segala upaya untuk memperlancar, mereka juga kesulitan, dalam arti merasa ada tambahan tambahan regulasi, mereka ditambah pajak dalam perdagangan online. Mereka juga mengeluh. Saya menyambut baik dinamika perkembangan bisnis seperti itu, ini luar biasa pesatnya dan ini memungkinkan peluang luar biasa, jadi saya dukung hal seperti itu," kata Prabowo dalam debat capres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Jokowi pun memberi tanggapan lagi, dalam rangka memberikan dorongan kepada Unicorn Indonesia. Di asia, ada tujuh Unicorn dan empatnya ada di Indonesia. Pemerintah, ingin ada tambahan tambahan Unicorn, start up baru yang ada di Indonesia.

"Kita menyiapkan program 1.000 start up baru yang link-kan dengan inkubator inkubator di global, agar mereka mempunyai akses supaya inovasi mereka bisa dikembangkan di negara negara lain," kata Jokowi.

Dia menambahkan, dalam rangka infrastruktur dan dukung Unicorn ini, pemerintah membangun infrastruktur Palapa Ring. Di Indonesia bagian barat 100 persen selesai, Indonesia bagian tengah 100 persen selesai, dan Indonesia bagian timur 90 selesai dan nanti pada Juli 100 persen selesai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pilpres 2019