Ma'ruf Amin: Jokowi Hafal Semua, Tak Usah Dibantu Alat

Oleh Ratu Annisaa Suryasumirat pada 18 Feb 2019, 16:57 WIB
Diperbarui 18 Feb 2019, 16:57 WIB
Gaya Jokowi dan Prabowo Saat Debat Kedua Capres
Perbesar
Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi memberi paparannya dalam debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). Debat dipimpin oleh Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Cawapres Ma'ruf Amin memastikan Jokowi tidak menggunakan alat bantu komunikasi saat debat capres kedua, Minggu malam kemarin. Sebagai petahana, Ma'ruf yakin Jokowi benar-benar hafal capaian kinerja pemerintahannya sendiri.

"Karena Beliau paham yang ditanyakan, yang dimintai keterangannya, kan semua sudah dikerjakan Beliau. Tidak usah pakai dibantu itu sudah hafal semua," tukas Ma'ruf di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (18/2/2019).

Menurutnya, Jokowi juga sangat menguasai tema debat kedua. Yaitu, soal infrastruktur, lingkungan hidup, energi, pangan, lingkungan hidup dan sumber daya alam (SDA).

"Itu kan memang hari-hari kerjaan Beliau. Jadi, ya, saya kira isu itu tidak benarlah," lanjutnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding menyatakan, tidak mungkin Jokowi curang seperti itu. Ia pun siap bila CCTV lokasi debat diperiksa untuk membuktikan hal tersebut.

"Yang dilakukan Pak Jokowi di dalam itu (di ruang tunggu sebelum debat) hanya bercengkrama dengan Pak Kiai Ma’ruf, Pak Erick, Pak Pramono, Pak Moeldoko, Bu Iriana, dan Beliau berdoa. Saya ada fotonya, lalu ke kamar kecil, lalu ke panggung. Jadi nggak ada pemasangan apa pun, saya saksikan sendiri," tutur Karding di Jalan Cemara, Menteng, Jakarta, Senin (18/2/2019).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: