Sukses

Jokowi: Bukan Tidak Ada Kebakaran Hutan, tapi Turun Drastis

Jokowi mengatakan, saat ini pihaknya sudah bisa menekan angka kebakaran hutan dan lahan.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden petahana Jokowi menjelaskan pernyataannya terkait kebakaran hutan pada saat debat kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu malam tadi. Dia menjelaskan selama tiga tahun terakhir kebakaran hutan turun drastis.

"Artinya bukan tidak ada, turun drastis, turun 85 persen lebih," kata Jokowi di Pandeglang, Banten, Senin (18/2/2019).

Dia mengatakan, saat ini pihaknya sudah bisa menekan angka kebakaran hutan dan lahan. Saat ini tidak ada lagi masalah asap yang sering dikomplain Singapura dan Malaysia.

"Keluhan dari negara tetangga dalam tiga tahun ini, Singapura, Malaysia, dapat dikatakan enggak ada sama sekali. Itu yang kita maksudkan," ungkap Jokowi.

Dia menjelaskan, pemerintah berhasil menurunkan kasus kebakaran hutan dan lahan hingga 85 persen. Kemudian, dia juga meminta agar pernyataan saat debat yang kurang tepat terkait kebakaran hutan tidak dibesar-besarkan.

"Jangan dilebih-lebihkan lah seperti itu. Datanya juga ada seperti biasa," ungkap Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Revisi Ucapan

Sebelumnya, Jokowi mengatakan saat debat bahwa tidak pernah ada kebakaran hutan dalam tiga tahun terakhir. Namun, Jokowi merevisi ucapannya bahwa pemerintah bisa mengatasi kebakaran hutan dan lahan.

"Dalam tiga tahun ini tidak terjadi kebakaran lahan, hutan, kebakaran lahan gambut, dan itu adalah kerja keras kita semuanya," kata Jokowi.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.