Sukses

Soal Unicorn, Prabowo: Silakan Anda Tertawa, Tapi Ini Masalah Bangsa

Prabowo mengaku akan mendukung Unicorn lokal adalah dari sisi regulasi.

Liputan6.com, Jakarta - Capres Petahana Jokowi memberikan pertanyaan kepala capers Nomor urut 02 Prabowo Subianto mengenai strategi membangun bisnis startup unicorn di Indonesia.

Unicorn merupakan sebutan bagi startup atau perusahaan rintisan yang bernilai di atas 1 miliar dolar Amerika Serikat.

Prabowo yang sempat mempertanyakan maksud yang ditanyakan Jokowi itu mengaku mendukung perkembangan startup yang banyak digawangi oleh para anak muda. 

"Kita tahu gerak kecepatan dinamika internet saat ini, berkembang pesat. Dan memang saya mendukung upaya kita mengejar mengambil posisi," ucap Prabowo di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Prabowo mengaku akan mendukung unicorn lokal dari sisi regulasi. "Kurangi regulasi, kurangi pembatasan karena mereka lagi giat-giatnya, pesat-pesatnya berkembang jadi saya akan dukung segala upaya untuk memperlancar mereka," jelas dia. 

Dia melanjutkan saat ini para pelaku startup dinilai terbebani karena adanya tambahan regulasi maupun pajak dari pemerintah dalam perdagangan online.

"Ini yang mereka mengeluh, jadi saya menyambut baik dinamika perkembangan bisnis seperti itu. Luar biasa pesat dan memungkinkan peluang besar, saya sangat dukung hal seperti itu," kata dia. 

Namun demikian, disatu sisi, Prabowo mengaku khawatir berkembangnya unicorn di Indonesia dapat mempercepat arus uang lari ke luar negeri. "Jadi kalau ada Unicorn-unicorn. Ada teknologi hebat, saya khawatir mempercepat uang kita lari ke luar negeri," tutur Prabowo. 

"Silakan Anda ketawa.. Tapi ini masalah bangsa," tutur Prabowo.

Menurut Prabowo kekayaan Indonesia tidak pernah ada seluruhnya di dalam negeri. Bahkan menurutnya mayoritas ada di dalam negeri. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Timpalan Jokowi

Mendengar jawaban Prabowo, Jokowi sebagai petahana pun menanggapi bahwa dalam rangka mendorong unicorn yang saat ini ada 4 di Indonesia, pemerintah sudah siapkan program 1000 startup baru.

"Nanti kita link dengan inkubator global. Kita juga membangun Palapa Ring di Indonesia barat 100% seelsai, tengah 100%, dan di timur 90% selesai dan insya Allah di Juni selesai," ucap Jokowi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.