KPU Tanda Tangani Pakta Integritas Jamin Kerahasiaan Pertanyaan Debat Capres

Oleh Maria Flora pada 12 Feb 2019, 12:30 WIB

Fokus, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kian intensif mempersiapkan debat kedua yang diikuti calon presiden dalam Pemilu 2019. Untuk debat yang digelar hari Minggu, 17 Februari nanti, KPU juga telah menggelar penandatanganan pakta integritas bagi para moderator dan panelis.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (12/2/2019), pakta integritas itu intinya menekankan agar moderator dan panelis menjamin kerahasiaan pertanyaan debat.

Awalnya, KPU menunjuk delapan panelis dari kalangan akademisi dan LSM. Namun, seorang panelis mengundurkan diri, sehingga debat kedua ini ditangani oleh tujuh panelis.

Sementara itu, Anisha Dasuki dan Tommy Tjokro didapur untuk menjadi moderator debat capres putaran kedua. 

Debat kedua bertema energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur juga akan dikemas berbeda dengan debat perdana 17 Januari lalu.

Perubahan ini berdasarkan hasil evaluasi debat perdana, antara lain para kandidat kali ini tidak diberikan kisi-kisi pertanyaan. Kemudian, walau segmentasi debat masih sama, yakni enam segmen, nantinya dalam segmen empat, kedua capres diberi kesempatan berdebat secara bebas.

Perjalanan para capres ke lokasi debat juga menjadi salah satu video yang akan ditampilkan. KPU berharap debat kedua yang diikuti capres dalam Pemilu 2019 ini tak hanya menarik tapi juga tepat sasaran.

Televisi kesayangan Anda Indosiar akan menyiarkan secara langsung debat kedua capres Pemilu 2019 mulai pukul 18.00 WIB. (Muhammad Gustirha Yunas)

Ngeri, Pedagang Gorengan Bacok Penjaga Warnet di Medan

Tutup Video