Erick Tohir : Debat Kedua Penting, Jangan Sampai Gagal Fokus

Oleh Liputan6.com pada 12 Feb 2019, 08:01 WIB
Safari Media, Erick Thohir Sambangi Kantor Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Tohir memastikan bahwa pihaknya telah siap menghadapi debat kedua Pilpres 2019 yang digelar pada Minggu (17/2/2019) di Hotel Sultan, Jakarta. Tema pada debat kedua pilpres nanti energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, lingkungan hidup.

"Yang kemarin korupsi, sekarang ekonomi. Jangan sampai gagal fokus sesuai isunya," kata Erick di Foyer Ballroom Hotel Pullman, Central Park, Jakarta Barat, Senin 11 Februari 2019.

Ia ingin, visi-misi yang akan disampaikan Jokowi dalam debat nanti sesuai dengan harapan rakyat. Erick juga berharap Jokowi bisa tampil lebih baik pada debat kedua nanti.

"Nah ini biar rakyat yang menentukan dan pada debat ini sangat penting kita beri, terutama paslon kita Pak Jokowi bisa mengekspresikan juga visi-misi beliau ini yang kita harapakan jangan gagal fokus," uja Erick.

Ia pun menegaskan, pada debat kedua pilpres nanti Jokowi tak akan menyerang Prabowo Subianto. 

"Saya rasa tidak ada (ofensif). Beliau sudah banyak melalukan hal-hal yang luar biasa. Kita akan sampaikan lagi dan tentu apa yang paling penting kedepannya. Visi misi kedepannya," tegas Erick.

Erick menilai, debat kedua pilpres nanti akan terlihat lebih menarik. Meski begitu, ia ingin debat kedua nanti tak hanya menjadi tontonan saja.

"Ya tentu agak berbeda pertanyaan tidak dibuka. Justru ini yang menarik, tetapi kita jangan hanya menjadi tontonan. Tapi bagaimana bisa mengedukasi pemilih yang sekarang ini masih menunggu-menunggu apa rencana masing-masing kedepannya," pungkasnya.

 

2 of 2

Debat Kedua Pilpres 2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI kembali menggelar debat caprespada pada Minggu 17 Februari 2019. Dalam debat kedua ini, KPU akan memperbanyak interaksi antarkandidat.

"Di segmen dua sampai lima semuanya dalam bentuk dialog. Jadi sangat dimungkinkan masing-masing capres bertanya kepada capres lain," ujar Komisioner KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi di Jakarta, Senin 11 Februari 2019.

Debat kedua yang hanya akan dijalani antarcapres ini, dibagi dalam enam segmen. Pertama berupa penyampaian visi-misi, segmen kedua dan ketiga berupa pertanyaan dari tim panelis.

Kemudian, segmen keempat berupa debat eksploratif dengan pemantik diskusi berupa tayangan video singkat yang disiapkan tim panelis. Pada segmen kelima, kedua capres saling mengajukan pertanyaan bebas dan segmen keenam pernyataan penutup.

Pramono menyampaikan setiap pertanyaan yang diajukan masing-masing capres dalam dialog atau interaksi, tetap harus mengacu pada tema debat kedua yaitu isu energi, pangan, infrastruktur, sumberdaya alam dan lingkungan hidup.

Adapun menurut Pramono, persiapan debat kedua sudah mencapai 90 persen, mulai dari keberadaan tim panelis, moderator, daftar pertanyaan, teknis penyelenggaraan, pengamanan, dan lain-lain. Debat kedua akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta 17 Februari 2019 dengan mengambil tema energi, pangan, infrastruktur, sumberdaya alam dan lingkungan hidup.

Debat kedua hanya akan dijalani para capres yakni Jokowi dan Prabowo Subianto. Pilpres 2019 diikuti dua pasangan calon yakni nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by