Sukses

Istri Sandiaga Uno Ajak Emak-Emak Waspada Kanker

Nur Asia menjelaskan bahwa kanker yang tergolong sangat mematikan tersebut dapat dicegah dengan cara pola hidup sehat di keluarga dan lingkungan masing-masing.

Liputan6.com, Jakarta - Nur Asia Uno, istri cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mengimbau emak-emak meningkatkan kepedulian terhadap penyakit kanker. 

"Saya mengimbau setiap anggota masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap pola hidup sehat dan melakukan deteksi dini kanker," kata Nur Asia saat memperingati Hari Kanker Sedunia 2019 di Cempaka Baru, Jakarta Pusat, Rabu 6 Februari 2019.

Di hadapan ratusan emak-emak ini, Nur Asia menjelaskan, kanker yang tergolong sangat mematikan tersebut dapat dicegah dengan cara pola hidup sehat di keluarga dan lingkungan masing-masing.

"Dengan tingginya kasus kanker di Indonesia, baik terhadap kaum perempuan maupun laki-laki, maka sudah merupakan suatu keharusan bagi setiap orang untuk mencegah kanker dengan melakukan deteksi dini kanker dan menerapkan pola hidup sehat," ujar istri Sandiaga itu.

Wanita yang akrab disapa Mpok Nur ini menerangkan, pada data yang tercatat di Globocan 2018, dengan populasi Indonesia yang lebih dari 260 juta, terdapat hampir 350.000 kasus kanker baru dan lebih dari 207.000 kematian.

Sementara, lanjut istri Sandiaga, jumlah prevalensi selama 5 tahun adalah sebesar lebih dari 775.000 kasus.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Percaya Mitos

"Pola hidup sehat dalam rangka mencegah kanker harus dijadikan komitmen setiap individu, sebab kanker dapat terjadi pada siapapun, dan hal ini lebih disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung karsinogen dan kurang berolah raga," terang dia.

Selain itu, masyarakat jangan dengan mudah percaya pada mitos-mitos tentang kanker.

"Lebih baik bertanya langsung kepada ahlinya, yaitu dokter. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati," ujar Nur Asia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.