Sukses

Di Balik Dukungan PBB untuk Jokowi - Ma'ruf Amin

Partai Bulan Bintang (PBB) resmi mendukung pasangan capres cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Bulan Bintang (PBB) resmi mendukung pasangan capres cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin. Pasangan nomor urut 01 dinilai yang paling tepat untuk mendongkrak raihan suara PBB pada Pemilu 2019.

Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, mengatakan, Partai Bulan Bintang (PBB) menargetkan 6 persen suara pada Pemilu Legislatif 2019. Raihan suara sebesar itu diperlukan kerja sama yang baik antar partai dan capres.

"Kami ingin lolos 4 persen dan masuk kembali ke DPR. Karena itu perlu kerja sama baik partai maupun dengan capres. Yang paling mungkin dan paling bisa bernegosiasi memang dengan paslon nomor 01, oleh karena itu kami mengambil langkah sama-sama dengan paslon 01," ungkap Yusril di Jakarta, Minggu (27/1/2019).

"Kita memilih apa yang paling baik dan paling bermanfaat umat Islam dan bagi PBB sendiri," imbuh dia.

Yusril menjelaskan, sebelumnya PBB juga membangun komunikasi dengan pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Namun, tak pernah berujung.

"Yang lama (paslon 02) kita bahas tidak ada titik temunya, jadi jangan dibahas lagi, sudah lewat ya. Sudah diputuskan kita dukung paslon nomor 01, kalau saya jawab nanti saya menyerang-nyerang lagi," ungkap Yusril Ihza Mahendra.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Patung Liberty

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Amin, Moeldoko mengatakan perbedaan dukungan capres dalam tubuh PBB merupakan hal yang wajar. Namun, ia berpesan agar para kader PBB tetap memegang erat konstitusi.

"Tadi saya tertarik bahwa demokrasi menjunjung tinggi perbedaan dan kebebasan. Mari kita Lihat patung Liberty di Amerika. Dia wujudkan kebebasan, dia angkat api kebebasan tinggi-tinggi. Tapi di tangan kanan peluk erat-erat konstitusi," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra tidak mempersoalkan apabila ada kadernya berbeda pilihan dalam mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 17 April mendatang.

"PBB putuskan memberikan dukungan politik ke pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Tapi kalau ada beda pilihan dan dukungan tidak dipermasalahkan oleh PBB," kata Yusril, sebelum menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Mecure Convention Center, Ancol, Jakarta Utara.

Yusril menegaskan, terkait 80 calon anggota legislatif Partai Bulan Bintang (PBB) yang mendeklarasikan diri mendukung capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019 merupakan pilihan pribadi.

"Jadi tidak ada istilahnya Gerakan Nasional Caleg PBB Poros Makkah atau lain-lainnya. Karena yang mengangkat orang menjadi caleg itu adalah partai. Bukan yang lain. Jadi keputusan sudah diambil diharapkan semua taat pada putusan. Tapi kami tetap mentolerir beda pendapat di partai," jelas dia.

Yusril menuturkan tidak akan memberikan sanksi kepada caleg yang berbeda pilihan tersebut. Ia mengaku tetap hormati perbedaan pendapat. Asalkan, tidak saling mengusik.

"Enggak ada sanksi. Tapi baik-baiklah di partai jangan serang menyerang, caci maki, fitnah. Tidak sepantasnya hal itu dilakukan. Saya pikir mayoritas PBB diam dan sopan, tapi ada juga yang suaranya lantang," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.