Sukses

Sandiaga: Kita Harus Jadi Pemain, Jangan Jadi Penonton

Sandiaga mengajak milenials Sumenep melihat potensi ekonomi di sekelilingnya.

Liputan6.com, Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno menggelar acara Temu Millenials Sumenep bertema 'Peluang Usaha Apa Yang Cocok Untuk Generasi Millenial' di Gedung Nasional Indonesia, Jl Dr Sutomo, Lingkungan Delama, Pajagalan, Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Madura, Senin (21/1/2019).

Dalam kesempatan itu, Sandiaga berpesan pada milenials Sumenep supaya mengerakkan ekonomi daerah. Menurut Sandi, daerah Sumenep punya banyak potensi ekonomi. Mulai dari pariwisata, kuliner, religi, hingga sinar matahari yang melimpah dan bisa diolah menjadi energi surya.

"Milenials adalah bonus demografi yang bisa membuat berkah untuk Indonesia. Ini merupakan kekuatan ekonomi baru. Kekuatan yang bisa membuat iri negara lain. Makanya kita harus jadi pemain, jangan jadi penonton," ucap Sandi.

Sandi mengajak milenials Sumenep melihat potensi ekonomi di sekelilingnya. Potensi Pariwisata Madura dinilainya begitu besar. Serta banyak pulau yang bisa dibuat sebagai kunjungan wisata dan daerah-daerah yang instagramable.

"Yang mengerti milenials adalah milenials itu sendiri. Ada empat hal yang harus dimiliki para milenials untuk memulai usahanya, yakni preperation, speed, endurance dan teamwork. Jika sudah menentukan menjalankan usaha yang akan dikerjakannya setelah melakukan observasi potensi yang dimiliki daerahnya," tutur Sandi.

Sandi mecontohkan Ayub, penyandang disabilitas yang punya usaha cetak kaos dan printing dengan merek dagang Yubisel di Sumenep. Sandi bangga dengan segala keterbatasan, Ayub sudah memulai usaha.

"Ayub adalah contoh milenials yang ingin menjadi pemain. Tidak tinggal diam. Milenials yang sudah berfikir menciptakan lapangan kerja, bulan mencari kerja," tandas Sandiaga.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.