Sukses

Begini Mekanisme Tiap Segmen Debat Capres Cawapres 2019 Putaran Pertama

Debat capres dan cawapres edisi perdana ini terbagi menjadi enam segmen.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan melaksanakan debat capres dan cawapres perdana malam ini, Kamis (17/1/2019). Debat akan dilangsungkan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Tema debat capres dan cawapres perdana ini adalah Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. KPU pun telah menunjuk dua orang moderator dan enam orang panelis dalam memandu debat capres dan cawapres ini.

Selain itu, melalui akun Instagram @kpu_ri, KPU menjelaskan mekanisme debat malam ini. Debat ini sendiri terbagi menjadi enam segmen. Pada segmen pertama merupakan penyampaian visi misi.

Di segmen ini, para pasangan capres cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan memaparkan visi misi masing-masing secara bergantian sesuai dengan nomo urut.

Total durasi pada segmen pertama debat capres dan cawapres ini adalah 21 menit 15 detik.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Segmen Kedua

Segmen kedua adalah pendalaman visi dan misi tema Hukum dan HAM. Pada tema Hukum dibagi menjadi dua sesi.

Pada sesi pertama tema Hukum, moderator akan memberikan pertanyaan pada paslon 02. Lalu, paslon 02 menjawab pertanyaan. Kemudian, paslon 01 menanggapi jawaban paslon 2. Dan terakhir, paslon 02 menanggapi tanggapan paslon 01.

Pada sesi kedua tema Hukum, pertama-tama moderator akan memberikan pertanyaan kepada paslon 01. Kemudian, paslon 01 menjawab pertanyaan. Lalu, paslon 02 menanggapi jawaban paslon 01. Dan terakhir, paslon 01 menanggapi tanggapan paslon 02.

Begitu pula yang akan terjadi saat tema HAM yang terbagi menjadi dua sesi. Total durasi segmen kedua ini adalah 24 menit 05 detik.

 

3 dari 6 halaman

Segmen Ketiga

Segmen ketiga adalah pendalaman visi dan misi tema Korupsi dan Terorisme. Pada tema Korupsi dan Terorisme juga akan terbagi masing-masing dua sesi.

Pada sesi pertama tema Korupsi, moderator akan memberikan pertanyaan kepada paslon 01. Lalu, paslon 01 menjawab pertanyaan. Kemudian, paslon 02 menanggapi jawaban paslon 01. Dan terakhir, paslon 01 menanggapi tanggapan paslon 02.

Pada sesi kedua tema Korupsi, moderator akan memberikan pertanyaan kepada paslon 02. Lalu, paslon 02 akan memberikan jawaban. Kemudian, paslon 01 menanggapi jawaban paslon 02. Dan terakhir, paslon 02 menanggapi tanggapan paslon 01.

Begitu pula yang akan terjadi saat tema Terorisme yang terbagi menjadi dua sesi. Total durasi segmen ketiga ini adalah 23 menit 25 detik.

 

4 dari 6 halaman

Segmen Keempat

Segmen keempat adalah debat dan saling bertanya antar kandidat. Temanya adalah Hukum dan HAM.

Pada segmen keempat ini juga akan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dimulai dengan pertanyaan dari paslon 01 kepada paslon 02. Lalu, paslon 02 menjawab pertanyaan. Kemudian, paslon 01 menanggapi jawaban paslon 02. Dan terakhir, paslon 02 menanggapi tanggapan paslon 01.

Sesi kedua dimulai dengan pertanyaan dari paslon 02 kepada paslon 01. Lalu, paslon 01 menjawab pertanyaan. Kemudian, paslon 02 menanggapi jawaban paslon 01. Dan terakhir, paslon 01 menanggapi tanggapan paslon 02.

Total durasi segmen keempat adalah 15 menit 05 detik.

 

5 dari 6 halaman

Segmen Kelima

Segmen kelima adalah debat dan saling bertanya antar kandidat. Temanya adalah Korupsi dan Terorisme.

Pada segmen kelima ini juga akan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dimulai dengan pertanyaan dari paslon 02 kepada paslon 01. Lalu, paslon 01 menjawab pertanyaan. Kemudian, paslon 02 menanggapi jawaban paslon 01. Dan terakhir, paslon 01 menanggapi tanggapan paslon 02.

Sesi kedua dimulai dengan pertanyaan dari paslon 01 kepada paslon 02. Lalu, paslon 02 menjawab pertanyaan. Kemudian, paslon 01 menanggapi jawaban paslon 02. Dan terakhir, paslon 02 menanggapi tanggapan paslon 01.

Total durasi segmen keempat adalah 15 menit 05 detik.

 

6 dari 6 halaman

Segmen Keenam

Segmen keenam atau terakhir adalah closing statement dari masing-masing paslon. Di segmen penutup ini, masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden menyampaikan pemaparan penutup.

Total durasi segmen keenam ini adalah 8 menit 55 detik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.