Live Report Debat Capres Cawapres 2019 di Hotel Bidakara

Oleh Ady AnugrahadiMuhammad Radityo PriyasmoroLizsa EgehamDelvira Hutabarat pada 17 Jan 2019, 22:37 WIB
Diperbarui 19 Jan 2019, 22:13 WIB
Live Report Debat Capres Cawapres 2019. (LIputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Debat capres dan cawapres 2019 edisi perdana digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) malam ini, Kamis (17/1/2019) di Hotel Bidakara, Jakarta. Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan saling menyampaikan visi misinya sesuai dengan tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Pada debat perdana capres dan cawapres ini, KPU menunjuk Ira Koesno dan Imam Priyono sebagai moderator. KPU juga telah menetapkan enam panelis.

Ikuti perkembangan berita terkini sepanjang debat capres dan cawapres 2019 berlangsung dalam live report Liputan6.com mulai pukul 17.00 WIB.

Pukul 22.34 WIB

Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memaparkan visi misi di Debat Pilpres 2019 pertama di Jakarta, Kamis (17/1). Debat perdana ini mengangkat tema hukum, hak asasi manusia, terorisme, dan korupsi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto memberikan pernyataan penutup dalam debat perdana Pilpres 2019. Dalam penutupannya dia mengatakan ada kebocoran kekayaan negara ini.

Memulai pernyataan penutup, Prabowo mengatakan, kepastian hukum, penegakan hukum, dan institusi institusi hukum terutama hakim, jaksa dan polisi adalah prasarana dari suatu negara yang berhasil. Oleh karena itu, bila menerima mandat dari rakyat sebagai presiden dan wakil presiden, hal tersebut akan diperkuat dan diperbaiki.

"Kami bicara realistis, supaya orang tidak korupsi, yang kami ingin adalah penyelesaian akar masalah, kami tidak cari kesalahan kecil kecil ini, atau siapa yang salah, tidak. Kami ingin selesaikan akar masalah, oleh karena itu kami bertekad menghentikan kebocoran. Kami yakin negara ini sangat kaya dan tapi terjadi kebocoran kekayaan. Ini salah kita bersama sebagai bangsa dan ini kesalahan elite yang membiarkan ini," kata Prabowo di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Dia mengatakan, pihaknya akan memperbaiki, dan melipatgandakan gaji jaksa, hakim, dan polisi. Dengan demikian, akan ada lembaga hakim, polisi, dan jaksa yang tidak dapat dikorupsi.

"Kita harus cari the best dan brightness, sehingga mereka bisa menjadi pilar sehingga kita bebas korupsi," kata Prabowo.

Pukul 22.33 WIB

Capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi (kiri) dan Ma'ruf Amin saat memaparkan visi misi dalam debat Pilpres 2019, Jakarta, Kamis (17/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi berjanji akan mempertaruhkan jabatan dan reputasinya untuk membuat Indonesia maju. Mereka juga akan menggunakan segala kewenangan untuk kebaikan bangsa.

Hal tersebut disampaikannya saat menyampaikan pernyataan penutup (closing statement) debat capres cawapres tahap pertama.

"Kami tidak ingin banyak bicara. Kami sudah paham persolan bangsa ini dan tahu apa yang harus dilakukan," kata Jokowi, dalam debat capres cawapres, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

"Jokowi-Amin akan pertaruhkan jabatan dan reputasi dan akan kami gunakan semua kewenangan yang kami miliki untuk kebaikan bangsa ini," lanjut calon petahana tersebut.

Terlebih, lanjut dia, Jokowi-Ma'ruf Amin tidak memiliki rekam jejak buruk terkait pelanggaran HAM, kekerasan dan korupsi.

"Kami tidak punya potongan diktator atau otoriter. Kami tidak punya rekam jejak melanggar HAM. Kami tidak punya rekam jejak melakukan kekerasan. Kami juga tidak punya rekam jejak masalah korupsi," ujar Jokowi.

Pukul 22.07 WIB

Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno saat Debat Capres Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1). Debat perdana ini mengangkat tema hukum, hak asasi manusia, terorisme, dan korupsi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Debat capres cawapres 2019 putaran pertama, berlangsung panas. Calon presiden nomor urut 01 Jokowi membeberkan data yang dilansir Indonesia Corruption Watch (ICW) yang mengungkap adanya sejumlah caleg yang diusung Partai Gerindra merupakan mantan koruptor.

Calon presiden nomor urut 02 yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ingin langusng menjawab pertanyaan yang dilontarkan Jokowi itu. Namun karena belum waktunya menjawab, moderator debat Ira Koesno melarang Prabowo menjawab.

Prabowo pun langsung joget menggoyangkan tangannya sembari tersenyum. Calon wakil presiden Sandiaga Uno yang berada di bawahnya kemudian menenangkan Prabowo sambil memijat-pijat pundaknya.

Pukul 21.53 WIB

Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mencium tangan Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin saat Debat Perdana Capres 2019 di Gedung Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (17/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Capres nomor 01 Jokowi mempertanyakan konsistensi visi capres nomor 02 Prabowo Subianto yang akan memprioritaskan kebijakan berspektif gender dan pemberdayaan perempuan. Namun, menurut Jokowi, struktur partai Gerindra yang dipimpin Prabowo justru diisi laki-laki.

"Partai kami adalah partai muda, partai baru, kami baru beridiri 10 tahun. Pada saat penyusunan tentunya kita meilih dan menunjuk, siapa yang paling pertama, dan paling mau," kata Prabowo.

Meski demikian, ia menyebut ada sosok perempuan di posisi teras Gerindra. Prabowo mencontohkan Rachmawati Soekarnoputri, yang bertanggung jawab untuk ideologi.

Pukul 21.37 WIB

Capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kiri) dan Sandiaga Uno saat memaparkan visi misi dalam debat Pilpres 2019, Jakarta, Kamis (17/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno bicara soal programnya untuk kaum difabel. Sandiaga menuturkan perlunya kesetaraan bagi kaum difabel untuk berkarya.

Dia mencontohkan salah satu nama kaum difabel yang dianggap cukup menginspirasinya.

"Zulfan Dewantara adalah teman difabel yang kami temui adalah inspirasi Prabowo-Sandiaga. Dia menciptakan lapangan kerja, mentor bisnis online dan bisnis mempekerjakan ratusan buruh," kata Sandiaga dalam sesi debat Pilpres di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Pukul 21.35 WIB

Calon wakil presiden Ma'ruf Amin saat debat capres cawapres 2019. (Liputan6.com)

Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menjawab pertanyaaan mengenai strategi penanganan kasus terorisme agar tidak melanggar hak azasi manusia (HAM). Menurut Ma'ruf, terorisme merupakan jenis kejahatan besar.

Ma'ruf, yang merupakan mantan Ketua Umum MUI ini mengutip fatwa terkait aksi terorisme.

"Terorisme harus diberantas sampai akarnya. Majelis Ulama Indonesia sudah  mengeluarkan fatwa bahwa terorisme buka jihad. Karena itu haram dilakukan," tegas Ma'ruf Amin.

Pukul 21.13 WIB

Capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kiri) dan Sandiaga Uno saat memaparkan visi misi dalam debat Pilpres 2019, Jakarta, Kamis (17/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Capres Prabowo Subianto menilai rendahnya penghasilan para pegawai, dan pejabat merupakan pangkal masalah korupsi. Untuk mengatasinya, Prabowo berjanji akan meningkatkan penghasilan para pegawai negeri sipil.

"Akar masalahnya adalah penghasilan para pegawai negeri para birokrat kurang, tidak realitis," kata Prabowo, dalam debat capres.

2 of 5

Pukul 21.05 WIB

Capres dan Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin saat Debat Capres Pilpres 2019 pertama di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1). Debat perdana ini mengangkat tema hukum, hak asasi manusia, terorisme, dan korupsi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Capres petahana nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi menyatakan, pemerintah benar-benar memperhatikan kesetaraan kaum disabilitas. Keadaan ini pun terus membaik.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam debat perdana Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/11/2019). Dia menjawab pertanyaan moderator Ira Koesno mengenai apa program Jokowi-Ma'ruf mengatasi masalah kaum disabilitas yang masih mengalami diskriminasi.

Pukul 21.04 WIB

Calon presiden Prabowo Subianto saat debat capres cawapres 2019. (Liputan6.com)

Calon Presiden Prabowo Subianto menegaskan kepala negara merupakan penegak hukum tertinggi di negara ini. Untuk itu, dirinya akan melakukan langkah-langkah penting terkait penegakan hukum jika terpilih dalam Pilpres 2019.

"(Jika terpilih) saya akan menata aparat penegak hukum, saya instruktikan, dan tegaskan tidak boleh ada diskriminasi terhadap suku apa pun, agama apa pun. Aparat menjadi tanggung jawab kepala eksekutif," ujar Prabowo menjawab pertanyaan soal strategi menangani masalah persekusi dalam debat capres di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Pukul 20.41

Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Subianto saat debat capres cawapres 2019. (Liputan6.com)

Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto bertanya soal kepala daerah yang ditahan karena mendukungnya kepada lawannya Jokowi. Hal itu diungkapkan saat Prabowo menanggapi jawaban Jokowi terkait pertanyaan penegakan hukum dan HAM.

Menanggapi pernyataan Prabowo, Jokowi meminta Prabowo tidak serta merta menuduh pemerintah berlaku tidak adil. Dia kemudian menyinggung soal tindakan gegabah mantan Juru Kampanye Prabowo-Sandi, Ratna Sarumpaet.

Pukul 20.25 WIB

Debat perdana capres cawapres 2019 sesi pertama berakhir. Masing-masing pasangan calon telah memaparkan visi misinya.

Pukul 20.00 WIB

Debat Capres Cawapres 2019. (Liputan6.com)

Debat perdana capres cawapres 2019 dibuka oleh Ketua KPU Arief Budiman. Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memasuki arena debat kandidat

3 of 5

Pukul 19.31 WIB

Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin tiba di lokasi debat capres cawapres 2019. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin tiba di lokasi debat capres cawapres 2019 Hotel Bidakara, Jakarta. Keduanya kompak mengenakan kemeja putih. 

Pukul 18.56 WIB

Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY tiba di Hotel Bidakara mengenakan jas biru dongker. Kedatangan AHY diikuti Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon.

Pukul 18.55 WIB

Pasangan calon nomor 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno saat tiba di lokasi debat capres cawapres. (Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra)

Pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tiba di lokasi debat capres cawapres di Hotel Bidakara, Jakarta. Keduanya menggunakan setelah jas berdasi merah.

Pukul 18.53 WIB

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri tiba di lokasi debat capres cawapres 2019. Megawati didampingi putrinya, Puan Maharani dan politikus PDIP Olly Dondokambey.

Pukul 18.39 WIB

Prabowo Subianto berangkat dari rumahnya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan menuju lokasi debat capres cawapres. (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Prabowo Subianto berangkat dari rumahnya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan menuju lokasi debat capres cawapres. Sementara Sandiaga Uno duduk di mobil berbeda yang ada di belakangnya. Keduanya hanya tersenyum sambil melambaikan tangan ke awak media.

Pukul 18.36 WIB

Jokowi, Ma'ruf Amin dan Jusuf Kalla melaksakanan salat Magrib berjamaah. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Jokowi, Ma'ruf Amin dan Jusuf Kalla melaksakanan salat Magrib berjamaah di Masjid Baiturrahman, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta sebelum menghadiri debat capres cawapres di Hotel Bidakara.

Pukul 18.34 WIB

Titiek Soeharto keluar dari rumah Prabowo Subianto. (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

4 of 5

Pukul 18.30 WIB

Titiek Soeharto keluar dari rumah Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan. Dia berangkat lebih awal menuju ke lokasi debat

Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang atau OSO. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Oedang (OSO) tiba di Hotel Bidakara. Dia datang mengendarai mobil hitam berplat RI7 . Ia mengenakan jaket biru dongker bertuliskan Jokowi Maaruf

Pukul 17.51 WIB

Sandiaga Uno tiba rumah Prabowo Subianto didampingi istri dan anak bungsunya. (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Sandiaga Uno tiba rumah Prabowo Subianto didampingi istri dan anak bungsunya.

Pukul 17.50 WIB

Beberapa mahasiswa menggelar demonstrasi di dekat lokasi debat perdana capres dan cawapres 2019 di Hotel Bidakara. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Beberapa mahasiswa menggelar demonstrasi di dekat Hotel Bidakara. Mereka membawa poster bertuliskan debat capres bukan milik elite.

Pukul 17.14 WIB

Massa relawan Prabowo-Sandiaga terdiri barisan emak-emak mulai menggeruduk Hotel Bidakara. (Liputan6.com/Radityo Priyasmoro)

Massa relawan prabowo sandiaga teridiri barisan emak-emak mulai menggeruduk hotel bidakara, mereka meneriakann yel-yel dukungan.

Selain massa emak-emak, kelompok bang japar juga telah memadati lokasi hotel. Dengan menggunaka jaket hitam, mereka berpose bersama kelompok simpatisan.

Pukul 17.00 WIB

Organisasi Jokowi Saja Enggak Ganti Presiden atau JOS EGP. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Simpatisan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Jokowi-Ma'aruf memadati Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019). Tempat diselenggarkan debat capres.

Salah satunya yang datang ialah dari Organisasi Jokowi Saja Enggak Ganti Presiden atau JOS EGP. Anggotanya terdiri dari sekumpulan emak-emak.

5 of 5

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓