Sukses

4 Respons Kubu Jokowi saat Posko Prabowo Berdiri di Kandang Banteng

Kantor pusat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga telah resmi dipindahkan dari Jakarta ke Solo, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta Kantor pusat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno telah resmi dipindahkan dari Jakarta ke Solo, Jawa Tengah. Posko tersebut berdiri tak jauh dari rumah pribadi calon presiden nomor urut 01 Jokowi.

Suhu politik, khususnya di Jawa Tengah, pun semakin panas. Terlebih Jawa Tengah dikenal sebagai kandang PDIP yang pada Pilpres 2014 lalu Jokowi menang telak.

Berdirinya markas pemenangan Prabowo-Sandi di Solo langsung mendapat reaksi dari kubu Jokowi. Berikut ini rangkumannya:

1. Banteng Bangun, Tanduknya Keluar

Politisi PDIP, Ganjar Pranowo, mengatakan berdirinya markas Prabowo-Sandiaga berada di Solo membuat kader-kader banteng tak akan tidur. "Buat kita biasa saja, pasti kawan-kawan di kubu Pak Prabowo-Sandiaga sedang berikhtiar, segala ikhtiar tentu kita hormati. Ya buat kita PDI Perjuangan, banteng-bantengnya jadi bangun dari tidur dan tanduknya keluar," tutur Ganjar.

Dia menegaskan, Jateng sebagai kandang banteng, tak ada yang ikhlas jika diganggu. "Sudah saya sampaikan dulu, tidak ada yang ikhlas rumah kita diambil orang," ungkap Ganjar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Ganggu Pemandangan

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Jokowi- Ma'ruf Amin, Moeldoko menanggapi peresmian markas Prabowo-Sandiaga di Solo, yang dekat dengan rumah Jokowi. Moeldoko mengaku tak khawatir dengan hal tersebut.

"Yang di Solo itu ya. Gak takut, cuma ganggu pemandangan saja," kata Moeldoko.

3 dari 4 halaman

3. Kirim Bunga

PDIP mengirimkan karangan bunga sebagai tanda ucapan selamat atas diresmikannya Kantor Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, di Solo, yang bertuliskan, "Selamat Atas Peresmian Kantor Pusat BPN Prabowo-Sandi."

Di bawah ucapan selamat tertulis, "Posko Pemenangan Pileg dan Pilpres PDI Perjuangan Banjarsari." Sebelah kanan terdapat lambang kepala banteng.

Sementara itu, Ketua BPN, Djoko Santoso menanggapi dingin kiriman ucapan selamat tersebut. Menurutnya, kiriman tersebut menunjukkan peradaban yang dipertontonkan oleh PDIP. Menurutnya kiriman bunga itu adalah bentuk sindiran ucapan kematian kepada Prabowo-Sandi.

"Tidak apa-apa, itu menunjukkan peradaban yang dia pertontonkan, supaya kita mati, iya kan. Kita lihat saja, rakyat sudah pintar kok, sudah ada medsos, dan HP (handphone)," kata Djoko ditemui usai peresmian posko BPN.

4 dari 4 halaman

4. PDIP Bikin Posko

Setelah kubu Prabowo-Sandi membuat 2 posko pemenangan tak jauh dari kediaman pribadi Presiden Jokowi yang merupakan pesaingnya, kubu Jokowi-Ma'ruf pun tak mau kalah. PDIP menyiapkan Posko Pemenangan Pilpres dan Pileg 2019 di dekat rumah mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Bahkan posko tersebut nyaris berhadapan dengan Posko BPN Prabowo-Sandi di Jalan Letjen Suprapto, Sumber, Banjarsari, Solo.

Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan dipilihnya lokasi tersebut, menurut dia, bukan semata dekat dengan kediaman calon presiden nomor urut 01 atau dekat dengan posko kubu Prabowo-Sandi. Namun wilayah tersebut dinilai strategis dan berada di wilayah Kecamatan Banjarsari.

 

Reporter: Syifa Hanifah

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.