Hadapi Debat Perdana, Prabowo-Sandiaga Temui SBY Jumat

Oleh Delvira Hutabarat pada 02 Jan 2019, 14:38 WIB
Dana Kampanye Prabowo-Sandiaga

Liputan6.com, Jakarta - Politikus Partai Gerindra Sudirman Said mengatakan, pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno akan menemui Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Pertemuan dengan Presiden RI ke-6 itu untuk berdiskusi dan membahas persiapan menghadapi debat perdana Pilpres pada 17 Januari 2019 mendatang.

"SBY tanggal 4 mengundang bertemu tim debat dan mungkin bertemu capres-cawapres untuk memberi masukan-masukan," kata Sudirman di Gedung KPU RI, Rabu (2/1/2018).

Menurut Sudirman, pengalaman SBY mengikuti dua kali kontes Pilpres sangat diperlukan untuk menjadi masukan bagi Prabowo-Sandiaga dalam mengikuti debat perdana.

Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto (kiri) dan Sandiaga Uno (kanan) memberikan pidato usai mengambil nomor urut peserta Pemilu 2019 di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (21/9). Pasangan Prabowo-Sandi mendapatkan nomor urut 02. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Karena beliau sangat berpengalaman, berkompetisi dua kali dan memimpin negara ini," katanya

Selain SBY, rencananya Prabowo-Sandiaga juga akan berlatih dengan akademisi yang ahli di masing-masing bidang debat.

"Termasuk juga sejumlah profesor, akademisi mereka akan memberi masukan masukan baik," tandasnya

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar debat pilpres tahap pertama pada Kamis, 17 Januari 2019 mendatang. Sejumlah persiapan sudah dilakukan. Pertama, KPU menunjuk Ira Koesno dan Imam Priyono sebagai moderator debat Pilpres 2019 tahap pertama.

Penunjukan keduanya, telah disetujui oleh tim sukses dua kubu peserta pilpres. KPU juga sudah menentukan tim panelis untuk membuat soal pada debat pilpres tersebut. Ada 8 nama yang akan menjadi tim panelis. Namun, satu panelis di antaranya belum terkonfirmasi.

Mereka adalah Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Prof Hikmahanto Juwana, Guru Besar Ilmu Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Unpad Prof Bagir Manan, Ketua Komnas HAM 2017-2020 Ahmad Taufan Damanik, ahli hukum tata negara perempuan Bivitri Susanti, Koordinator ICW Adnan Topan Husodo, mantan Komisioner KPK Bambang Widjojanto, pakar hukum tata negara Indonesia Margarito Kamis, dan satu orang pimpinan KPK.

"Unsur Pimpinan KPK (dalam konfirmasi)," demikian bunyi keterangan tertulis yang dikeluarkan Humas KPU RI soal panelis debat pilpres, Jumat 28 Desember 2018.

 

2 of 3

Jadwal Debat KPU

KPU juga sudah memutuskan jadwal debat, yakni tahap pertama akan digelar pada 17 Januari 2019. Satu bulan kemudian, yakni 17 Februari 2019 dijadwalkan sebagai debat kedua. Debat ketiga pada 17 Maret 2019, debat keempat pada 30 Maret 2019.

Sementara untuk tema, debat pertama tentang Hukum, HAM, Korupsi, Terorisme, debat kedua tentang Energi dan Pangan, SDA dan lingkungan hidup, infrastruktur, debat ketiga tentang Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial dan Kebudayaan.

Untuk debat keempat tentang Ideologi, Pemerintahan, Hankam, Hubungan Internasional, serta debat kelima tentang Ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, perdagangan dan industri.

 

3 of 3

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓