Ira Koesno dan Imam Priyono Jadi Moderator Debat Pertama Pilpres 2019

Oleh Fachrur Rozie pada 28 Des 2018, 16:29 WIB
Diperbarui 28 Des 2018, 16:29 WIB
Keseruan Ira Koesno Berbagi Inspirasi dalam EGTC 2017 di UGM
Perbesar
Pembawa berita senior Ira Koesno berbagi pengalaman sebagai seorang Jurnalis di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Rabu (1/11). Ira berbagi inspirasi dan pengalaman menjadi seorang pembaca berita pada hari kedua EGTC 2017. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Liputan6.com, Jakarta - Ira Koesno dan Imam Priyono terpilih sebagai moderator debat pertama Pilpres 2019 yang akan dilaksanakan pada 17 Januari 2019.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman menyatakan, penunjukan Ira Koesno dan Imam Priyono sudah disepakati masing-masing tim sukses pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

"Moderator debat pertama adalah Ira Koesno dan Imam Priyono," ujar Arief di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (28/12/2018).

Arief berharap, Ira Koesno dan Imam Priyono bersedia menjadi moderator debat pertama antara Prabowo-Sandi dan Jokowi-Ma'ruf.

"Karena ini kan baru saja diputuskan, kami belum menghubungi mereka. Mudah-mudahan mereka bersedia. Kalau tidak, maka kami akan adakan diskusi kembali," kata Arief.

Untuk jadwal debat, KPU sudah memutuskan, yakni debat pertama pada 17 Januari 2019. Satu bulan kemudian, yakni 17 Februari 2019 dijadwalkan sebagai debat kedua. Debat ketiga pada 17 Maret 2019, dan debat keempat pada 30 Maret 2019.

Sementara debat kelima, KPU masih belum memutuskannya hingga kini. "Jadwal debat kelima nanti kami diskusikan lagi," kata dia.

Sementara untuk tema, debat pertama tentang Hukum, HAM, Korupsi, Terorisme; debat kedua tentang Energi dan Pangan, SDA, dan Lingkungan Hidup, Infrastruktur; debat ketiga tentang Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial dan Kebudayaan.

Untuk debat keempat tentang Ideologi, Pemerintahan, Hankam, Hubungan Internasional; serta debat kelima tentang Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi, Perdagangan dan Industri.

 

2 dari 3 halaman

Usulan Nama

Konferensi pers di Gedung KPU
Perbesar
Konferensi pers di Gedung KPU. (Liputan6.com/Fachrur Rozie)

Sebelumnya, sejumlah nama sudah diusulkan untuk ditetapkan menjadi moderator. Mereka adalah Najwa Shihab, Alfito Deannova, Bayu Sutiyono, Tommy Tjokro dan Kania Sutisnawinata.

Selain menetapkan moderator untuk gelaran debat perdana, KPU RI juga akan menentukan waktu debat ke-5 yang hingga kini belum ditetapkan. Hal itu karena masing-masing pihak kandidat masih akan melihat rangkaian jadwal kegiatan di bulan April.

Dalam rapat hari ini juga akan membahas soal sosialisasi visi dan misi dari perwakilan masing-masing kandidat yang digelar sebelum debat pertama.

Debat Pilpres 2019 akan digelar sebanyak lima kali. Debat pertama rencananya dilakukan pada 17 Januari 2019. Debat kedua 17 Februari, debat ketiga 17 Maret, dan keempat 30 Maret.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓