Sukses

Ma'ruf Sepakat Khotib Harus Berdakwah dengan Santun Tak Caci Maki Pemimpin

Ketua Umum Ikatan Khatib DMI, KH Hamdan Rasyid mengajak para khotib agar mengedepankan akhlakul karimah, wawasan yang luas, dan menghindarkan dari hal-hal yang sifatnya caci maki dan sebagainya.

Liputan6.com, Jakarta Calon wakil presiden Ma'ruf Amin, bersilaturahmi dengan Ikatan Khotib dan Dai Dewan Masjid Indonesia (DMI). Adapun sempat dibicarakan agar berkotbah secara santun dalam menyampaikan syiar agama Islam yang rahmatan lilalamiin.

Ketua Umum Ikatan Khatib DMI, KH Hamdan Rasyid mengatakan, ini disepakati dalam halaqoh nasional yang telah dilaksanakannya.

"Maksud kholakoh itu adalah bagaimana menjadikan forum khotbah itu sebagai sarana dakwah yang santun, dakwah yang selalu mengajak kedamaian. Bukan sebagai sarana mencaci maki. Apalagi mencaci maki pemimpin negara, nah itu kita hindari," ujar KH Hamdan di kediaman Ma'ruf, Jalan Situbondo, Jakarta, Minggu (24/12).

Dia menegaskan, pihaknya mengajak para khotib agar mengedepankan akhlakul karimah, wawasan yang luas, dan menghindarkan dari hal-hal yang sifatnya caci maki dan sebagainya.

Mendengar itu, Ma'ruf merasa senang dan sesuai keinginan semua pihak. Dimana agama jangan menjadi tempat untuk menyampaikan ujaran kebencian ataupun kalimat tak santun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Garda Terdepan

Menurut Ketua Majelis Ulama Indonesia itu, Khotib bisa menjadi garda terdepan dalam menjaga kedamaian.

"Karena itu faktor khotib menjadi penting dalam menjaga kedamaian. Karena itu saya menyambut baik para khatib untuk melakukan upaya mengedukasi khatib-khotib supaya berada dalam kerangka untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menjaga kerukunan di antara umat beragama khususnya umat Islam," pungkasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.