Sukses

Sekjen PDIP Harap Jokowi-Ma'ruf Waspada 'Tepukan Ajaib' di Debat Pilpres

Tak ingin berspekulasi negatif, sekretaris Tim Kampanye Nasionql (TKN) ini meminta publik menyaksikan kembali rekaman video tersebut dan mengartikan maksud tepukan 'ajaib' itu.

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyinggung 'tepukan ajaib' yang terjadi pada debat Pilpres ke-5 tahub 2014, di Jakarta. Menurut Hasto, saat itu Jusuf Kalla sempat ditepuk pundaknya oleh Hatta Rajasa.

"Coba saja perhatikan, ada tepukan kepada Pak JK, awalnya sudah ditahan tangannya dipegang, tapi bisa juga ditepuk, lalu Pak JK tepuk balik," kata Hasto di sela-sela Safari Politik PDIP ke-IV di Banten, Jumat (21/12/2018).

Tak ingin berspekulasi negatif, sekretaris Tim Kampanye Nasionql (TKN) ini meminta publik menyaksikan kembali rekaman video tersebut dan mengartikan maksud tepukan ajaib itu.

"Wah lihat sendiri deh di Youtube ada, coba dicari tahu maksudnya itu, tapi intinya debat jangan ada marah-marah, dan tepukan ajaib ya," jelas Hasto.

Liputan6.com mencoba menelusuri video di portal Youtube. Sebuah akun bernama Jazz Muhammad mengunggah rekaman pada sesi debat tersebut dengan judul video "Tepukan Janggal Hatta Rajasa Apa Maksudnya?"

Video empat tahun lalu itu menyedot penonton hingga 34 ribu penonton. Beberapa komentar netizen menuliskan bahwa tepukan tersebut adalah sebuah ilmu gendam atau magic, kendati komentar lain menuliskan bahwa hal tersebut hanyalah tepukan persahabatan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.