5 Debat Kandidat Pilpres 2019 Dihelat di Jakarta, Ini Tema dan Jadwalnya

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 19 Des 2018, 16:27 WIB
Diperbarui 19 Des 2018, 17:17 WIB
Rapat Persiapan Debat Capres-Cawapres di KPU

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI meirilis hasil rapat debat kandidat Pilpres 2019, dengan kesepakatan kedua tim sukses Paslon 01 dan Paslon 02. Hasilnya, debat kandidat Pilpres 2019 dipastikan dihelat selama lima kali di Jakarta.

"Jadi dengan mempertimbangkan satu dan lain hal, debat dihelat lima kali dan hanya di Jakarta saja," kata Ketua KPU RI Arief Budiman di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (19/12/2018).

Jadwal debat pertama, lanjut Arief, dilangsungkan pada 17 Januari 2018. Secara berurut tiap bulannya, debat kandidat akan dilangsungkan hingga jelang waktu pencoblosan April 2019.

"Jadi (debat) kedua itu 17 Februari, ketiga 17 Maret, keempat 30 Maret, nah kelima masih dirundingkan lagi dalam rapat selanjutnya. Tapi formatnya sudah jelas pertama capres-cawapres, kedua antarcapres, ketiga antarcawapres, keempat antarcapres, dan kelima antarcapres-cawapres," jelas Arief.

Soal tema, secara bersama disepakati lima pokok bahasan didebatkan dalam lima sesi. Nantinya, dihadirkan perwakilan panelis yang disodorkan dari tiap tim dengan dua orang dari masing-masing paslon dan tiga orang dari KPU.

2 of 3

Daftar Tema Debat

Rapat koordinasi persiapan debat pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden di Jakarta, Rabu (19/12). Rapat membicarakan persiapan debat pasangan capres-cawapres Pilpres 2019. (Liputan6.com/Radityo Priyasmoro)
Rapat koordinasi persiapan debat pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden di Jakarta, Rabu (19/12). Rapat membicarakan persiapan debat pasangan capres-cawapres Pilpres 2019. (Liputan6.com/Radityo Priyasmoro)

Berikut tema debat hasil rapat finalisasi KPU RI:

Debat ke 1 (Hukum, HAM, Korupsi, Terorisme)

Debat ke 2 (Energi dan Pangan, SDA dan lingkungan hidup, infrastruktur)

Debat ke 3 (Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial dan Kebudayaan).

Debat ke 4 (Ideologi, Pemerintahan, Hankam, Hubungan Internasional)

Debat ke 5 (Ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, perdagangan dan industri).

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓