Sukses

Relawan Jokowi Siap Tahan Imbang Suara Prabowo di Sumatera Barat, 50-50

Hal ini berkaca pada pengalaman Pilpres 2014, kala itu di Sumatera Barat, Jokowi kalah suara dari rivalnya Prabowo, 80 berbanding 20.

Liputan6.com, Jakarta - Relawan Sumbar Pemilih Jokowi atau SPJ mendeklarasikan dukungannya di Rumah Aspirasi Koalisi Indonesia Kerja, Proklamasi, Jakarta Pusat. Deklarasi pada Selasa malam 18 Desember 2018 ini dihadiri Juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Irma Suryani Chaniago.

Ketua SPJ Yaser Arafat mengatakan, target kemenangan Jokowi dipatok secara realistis. Hal ini berkaca pada pengalaman Pilpres 2014, kala itu Jokowi kalah suara dari rivalnya Prabowo, 80 berbanding 20.

"Jadi karena kita lihat suara di Sumbar dari 2014, sekarang gimana 10 sampai 20 persen kita buat menjadi 50 persen, itu sudah cukup, jadi 50-50," kata Yaser, Selasa.

Sementara, Juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Irma Suryani Chaniago mengatakan, dukungan tersebut membuktikan warga Sumbar ingin mendukung Jokowi untuk satu periode lagi.

Menurut Irma, deklarasi tersebut merupakan bentuk eksistensi warga Sumatera Barat yang ingin disebarluaskan pada masyarakat Indonesia, bahwa Sumatera Barat sepakat menangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019.

"Karena mereka awalnya masih banyak yang belum berani mengungkap dukungan, tapi sekarang masyarakat Sumbar sudah mulai cerdas menyampaikan aspirasinya bahwa Pak Jokowi memang patut dipilih satu kali lagi," tegas Irma.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan di Banten

Sebelumnya, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Irma Suryani Chaniago percaya diri (pede), elektabilitas Joko Widodo atau Jokowi di Banten bakal mencapai angka 40-45 persen pada Januari 2019. Sebab, peta kekuatan sudah berubah dibandingkan sebelumnya.

"Januari kita perkirakan posisi kita sudah ada di 40 atau 45 persen di sana insyaallah kita yakin itu," kata Irma di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Jumat (14/12/2018).

Dia menyebut, ada tiga wilayah di Banten yang menjadi lumbung suara pasangan Jokowi dan Ma'ruf Amin, yaitu Tangerang Selatan, Lebak, dan Serang.

"Itu yang saat ini menjadi lumbung kita," ucap Irma.

Menurut dia, perubahan peta dukungan suara berubah pada 2019, karena Golkar berada dalam barisan pendukung Jokowi. Selain itu, faktor nama Ma'ruf Amin berperan menarik dukungan ulama.

"Salah satunya dari Golkar tentu, kemudian dari para ulama juga yang ketiga juga memang TKN juga bekerja di sana, relawan TKN juga bekerja di sana," tandas Irma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.