Badan Pemenangan Prabowo-Sandi Kritisi Kotak Suara Pemilu Bahan Karton

Badan Pemenangan Prabowo-Sandi Kritisi Kotak Suara Pemilu Bahan Karton

KPU Grobogan mempraktikkan cara merangkai kotak suara dari karton. Meski terbuat dari karton, kotak suara tersebut diyakini kuat dan tidak mudah rusak. Bahkan, saat diisi dengan galon berisi air, kotak suara yang dilapisi mika transparan ini tidak jebol ketika diangkat.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (17/12/2018), begitu juga ketika kotak suara diduduki dan diinjak-injak oleh orang dewasa. Meski begitu, Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tetap mengkritisi bahan baku kotak suara karton. Penggunaan karton dianggap sebagai kemunduran pelaksanaan pilpres.

"Kalau dibilang kotak suara dari kardus bisa dipertanggung jawabkan, ada bahan yang lebih seperti alumunium," kata Juru Bicara Prabowo-Sandi, Ferry Juliantono.

Penggunaan kotak suara dari karton sebenarnya sudah digunakan dalam pilpres, pileg, maupun pilkada sebelumnya. Itulah sebabnya, KPU heran ketika ada pihak yang mempersoalkan masalah ini, terlebih seluruh fraksi yang ada di DPR sudah menyetujuinya.

"4 kali pemilu kami menggunakan itu, tidak ada yang bertanya. Sekarang baru bertanya, yang bertanya itu tidak paham sebenarnya," ujar Ketua KPU Arief Budiman.

Selain lebih hemat biayanya, penggunaan kotak suara dari karton juga dinilai lebih efisien dalam distribusi. Standar keamanannya juga sama, antara kotak suara dari karton maupun alumunium. (Rio Audhitama Sihombing)

Ringkasan

Oleh Mevi Linawati pada 17 December 2018, 08:09 WIB

Tag Terkait


Video Terkait

Spotlights