Sukses

Sekjen: Kader PAN Sumsel Pendukung Jokowi Anggota Tak Produktif

Kader PAN Sumsel mendeklarasikan diri mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin.

Liputan6.com, Jakarta - Kader Partai Amanat Nasional (PAN) Sumatera Selatan mendeklarasikan diri mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin. Dukungan diberikan dengan alasan merasakan efek pembangunan yang dilakukan Jokowi sebagai presiden saat ini.

Mendengar hal itu, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno menegaskan, tindakan kadernya itu melanggar instruksi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN yang telah memutuskan dukung pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dia pun meminta Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sumatera Selatan untuk segera memberikan sanski terhadap kader tersebut.

"Kami instruksikan kepada DPW PAN Sumsel untuk segera menyampaikan informasi dan fakta di lapangan kepada DPP dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk memberikan sanksi terhadap kader yang mbalelo," kata Eddy dalam keterangan tertulisnya, Kamis (13/12/2018).

Eddy mengungkapkan, mereka yang mendeklarasikan diri dukung Jokowi-Ma'ruf bukanlah kader aktif di partai. Karena itu, Eddy meminta kader itu segera diberi sanksi.

"Kami tidak menolerir adanya tindakan di luar ketentuan partai. DPW kami minta bertindak tegas dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai garis ketentuan partai," ungkapnya.

Ia menegaksan, PANdan kepengurusan di daerah tetap solid. Eddy justru menduga ada oknum yang sengaja memanfaatkan momen semacam ini untuk kepentingan pribadi.

"Mereka nonpengurus dan kader nonproduktif. Kami justru menduga mereka memanfaatkan momen ini untuk mencari manfaat pribadi dengan melakukan deklarasi kepada paslon 01. Semuanya solid dan terkendali," ucapnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Dukung Jokowi

Sebelumnya, puluhan kader PAN Sumatera Selatan menyatakan pada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin. Mereka beralasan Jokowi yang mampu melaksanakan pembangunan, terutama di Bumi Sriwijaya.

Sikap yang disampaikan sekitar 25 kader PAN dalam deklarasi 'Kader dan Simpatisan DPW Partai Amanat Nasional Sumatera Selatan mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024 di sebuah rumah makan di Palembang, Rabu 12 Desember.

Salah satu penggagas deklarasi, Sholahuddin dianggap sangat berhasil dilakukan oleh Jokowi sukses dalam hal pembangunan selama empat tahun terakhir. Di Palembang saja, insfrastruktur terbangun, mulai dari Light Rail Transit (LRT), tol, Jembatan Musi IV, Jembatan Musi VI, dan bangunan fisik lainnya.

"Jokowi sukses memimpin dan kami dukung Jokowi menjadi presiden dua periode," ungkap Sholahuddin.

 

Reporter:

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.