Deddy Mizwar: Ma'ruf Amin Sudah Sehat, Tapi Dokter Belum Izinkan Jalan

Oleh Lizsa Egeham pada 09 Des 2018, 12:41 WIB
Diperbarui 11 Des 2018, 10:13 WIB
Dikabarkan Sakit, Begini Kondisi Ma'ruf Amin

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara pasangan calon presiden-wakil presiden, Jokowi-Ma'ruf Amin, Deddy Mizwar menyebut kondisi cawapresnya saat ini sudah membaik dan dapat kembali berkampanye. Namun, pihak dokter masih belum memperbolehkan Ma'ruf berpergian lantaran kakinya terkilir.

"Jalan (bisa), cuma tidak boleh jalan sama dokter itu permasalahannya. Padahal (Ma'ruf) bisa jalan tapi tidak boleh jalan sama dokter," kata Deddy Mizwar saat ditemui di kediaman Ma'ruf Amin, Jalan Situbondo Jakarta Pusat, Minggu (9/12/2018).

Kendati begitu, dia mengatakan Ma'ruf Amin tetap menerima Menteri Pertanian Amran Sulaiman serta perwakilan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Depok yang datang ke kediamannya. Deddy memastikan Ma'ruf segera kembali berkampanye setelah mendapatkan izin dari dokter.

"Nanti dapat dikontrol dokter, kalau sudah sehat ya sudah bisa jalan. Sekarang belum boleh jalan walaupun sudah bisa jalan, dokter bilang jangan jalan-jalan dulu," jelas Deddy.

Sebelumnya, kurang lebih sepekan terakhir, calon wakil presiden Ma'ruf Amin, tak lagi keliling berkampanye. Namun, ia membantah tengah sakit.

"Saya ini sudah lama sebenarnya kaki saya terkilir. Tapi saya (ingin) melakukan kegiatan ke daerah, tapi oleh dokter disarankan untuk istirahat beberapa waktu," ucap Ma'ruf Amin di kediamannya, Jalan Situbondo, Jakarta, Kamis 6 Desember 2018.

2 dari 2 halaman

Kurangi Berat Badan

Dikabarkan Sakit, Begini Kondisi Ma'ruf Amin
Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin saat ngobrol santai bareng wartawan di rumahnya, Jakarta, Kamis (6/12). Ma'ruf menyebutkan bahwa kondisinya kini sudah membaik. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Dia pun menepis, badannya semakin kurus karena sakit. Menurut Ma'ruf, memang ingin mengurangi berat badan saja.

"Dulu sejak 2016, dulu saya terlalu gemuk. Itu oleh dokter disarankan coba dikuruskan," kata Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia nonaktif ini.

Dia menuturkan, selama ini hanya mengistirahatkan kakinya saja sesuai anjuran dokter. a juga mengklarifikasi kabar dirinya jatuh di kamar mandi. Menurutnya informasi itu tidak benar.

"Tidak benar itu. Kalau kena jatuh di kamar mandi, stroke itu. Ya jadi tidak benar itu," jelasnya.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓