Sukses

Disabilitas Curhat Susah Kerja, Sandiaga: Tetap OKE OC, Cemungut Ya

Calon wakil presiden Sandiaga Uno menjanjikan kemudahan lapangan kerja bagi penyandang disabilitas.

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden Sandiaga Uno menjanjikan kemudahan lapangan kerja bagi penyandang disabilitas. Hal itu disampaikan Sandi saat mendasi pembicara di Mall Metro Cipulir, Kebayoran Lama Utara, Jakarta Selatan, Sabtu (8/12/2018).

Salah satunya perserta di sana Laode Kosim, seorang penyandang disabilitas mengeluh sulitnya penyandang disabilitas mendapat pekerjaan.

"Mengapa sulit sekali, apakah bapak ada solusinya?" tanya Laode Kosim.

Dia juga mempertanyakan soal eksistensi undang-undang nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas. Di UU itu disebut Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD wajib mempekerjakan penyandang disabilitas 2 persen dari total pegawaai. Sedangkan swasta wajib mempekerjakan penyandang disabilitas 1 persen dari total pegawainya.

Menjawab keluhan Laode, Sandi meminta Laode tetap semangat. Ia berjanji akan memperjuangkan penerapan UU nomor 8 Tahun 2016.

"Laode harus tetap OKE OC, optimis cemungut ya," ucapnya.

Sandi berjanji akan meminta pemerintah dan DPR memperjuangkan hak pekerjaan untuk para penyandang disabilitas dengan membuat peraturan pemerintah.

"DPR seharusnya perjuangkan, hadirkan peraturan pemerintahannya untuk memastikan. Undang-undang ada, tapi peraturan pemerintahnya tidak ada," katanya.

Ia juga berjanji akan meminta pihak swasta untuk menyediakan jatah 1 persen untuk penyadang disabilitas.

"Berikan dong jatah satu persen," ucap Sandiaga.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.