Ketum Pemuda Muhammadiyah: 2 Kandidat Pilpres Masih Di-backing Orde Baru

Oleh Liputan6.com pada 06 Des 2018, 19:01 WIB
Momen Akrab Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi di KPU

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Sunanto menilai dua kandidat pasangan capres-cawapres Pilpres 2019 saat ini masih menganut sistem Orde Baru.

Dia melihat dalam tubuh pasangan capres-cawapres nomer urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno ada dukungan dari Ketua Dewan Kehormatan Partai Berkarya Titiek Soeharto yang juga anak keempat dari Presiden ke-2 Soeharto.

Sementara di kubu capres-cawapres nomer urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin terdapat bagian dari orde baru yaitu Menteri Maritim Luhut Binsar Panjaitan dan Menko Polhukam Wiranto.

"Jadi saya melihat begini, ada dua situasi yang saat ini bahwa satu politik Orba yang sifatnya kekeluargaan dan satu partai, atau mungkin satu partai. Juga yang kedua yang selama ini juga jadi backingnya di dua kandidat menurut saya," kata Sunanto dalam diskusi dengan tema 'Orba dalam Pilpres' di kantor Populi Center, Jakarta Barat, Kamis (6/12).

"Jadi pertama yang keluarga kepada calon nomer 2 saya kira. Dan yang lain seperti apa, pak Luhut, pak Wiranto nomer urut satu," tambah dia.

Sunanto juga menilai wakil rakyat saat ini pun masih ada yang menganut sistem orde baru. Bahkan kata dia, pemerintahan saat ini pun masih menganut rezim tersebut.

"Bahkan penguasa sampai sekarang, mungkin sekarang PDIP yang tidak banyak tapi dilingkarannya masih kebanyakan pola pikir Orde Baru," ungkap Sunanto.

Saksikan video pilihan di bawah ini: