Sukses

Sering Blunder, Mengapa Jokowi dan Prabowo Tak Manfaatkan Juru Bicara?

Menurut Satrio, apabila para capres menanggapi suatu peristiwa di akhir sedangkan para jubir menanggapi di awal, dengan demikian maka akan mengurangi kesalahan.

Liputan6.com, Jakarta - Pakar komunikasi Hendri Satrio mengatakan dua pasang calon presiden, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto, tidak memanfaatkan peran juru bicara (jubir) dalam kampanye mereka.

Padahal menurut dia, para capres--terutama Jokowi --dapat mengurangi blunder dengan adanya jubir. "Harusnya Jokowi menggunakan juru bicara. Jadi kalau-kalau salah bisa di-counter. Tapi enggak, Pak Jokowi senang ngomong sendiri," kata Satrio di diskusi Setnas Prabowo-Sandiaga, Menteng, Selasa (4/12/2018).

Menurut Satrio, apabila para capres menanggapi suatu peristiwa di akhir, sedangkan para jubir menanggapi di awal, maka akan mengurangi kesalahan.

"Lebih baik fungsi jubir digunakan, jadi kalau ada salah bisa diperbaiki," ujarnya.

Satrio menilai, capres harus lebih hati-hati dalam menyampaikan pendapat. "Sekarang harus hati-hati nanti blunder lagi. Sekarang Pak Prabowo tone jadi lebih tenang, jadi gimana tim medianya," ucapnya.

"Sementara Pak Jokowi, enggak harus semua pertangaan wartawan dijawab. Kalau belum ada jawabannya enggak dijawab enggak apa-apa," ucap Satrio.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berakhir Seimbang

Sario menyatakan pertarungan Pilpres 2019 berbeda dengan 2014.

"2014 Pak Jokowi banyak relawan, sekarang 2019 sudah jadi komisaris. Sementara di kubu Pak Prabowo ada alumni 212 yang sangat militan," ucapnya.

Apabila gaya komunikasi Jokowi tidak diubah, Satrio memperkirakan elektabilitas Jokowi-Prabowo akan sama pada Februari 2019 mendatang. "Ini kalau dibiarkan sampai Februari akan 50:50," ucap Satrio.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • Pilpres 2019