Sukses

Timses Jokowi Dorong UMKM Perlebar Pasar dengan Teknologi

Dalam safari kebangsaan ke Garut, Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto meninjau paguyuban UMKM perajut bendera.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam safari kebangsaan ke Garut, Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto meninjau paguyuban usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) perajut bendera. Dalam kesempatan ini, Sekretaris Jenderal PDIP itu menyinggung program yang bisa ditawarkan kepada kelompok UMKM.

Hasto menjelaskan, salah satu yang bisa ditawarkan adalah bagaimana melebarkan pasar UMKM ini. Dia mencontohkan, perajut bendera yang ditemui ini saja sudah bisa mengirim sampai Sumatera Utara.

"Tadi saya tanya juga penjualan online sudah belum, paling tidak desainnya menggunakan cara yang inovatif dengan menggunakan komputer. Ini yang terus kita upgrade. Tidak hanya aspek permodalan tapi pasarnya juga harus kita perluas. Dan teknologi memungkinkan untuk itu," ujar Hasto di Garut, Jawa Barat, Sabtu 24 November 2018.

UMKM perajut bendera itu, kata Hasto, sudah memiliki permodalan. Dia mengaku sudah menanyakan kepada pimpinan Paguyuban Dayun Ridwan, bahwa modal bahan baku sudah terjamin.

"Sehingga mendapatkan daya tawar yang lebih kuat untuk mendapatkan harga yang terjangkau. Bargaining terhadap supplier itu harus diperbesar melalui organisasi ini. Dan Mas Dayun mengatakan itu sudah," kata Hasto.

Presiden Joko Widodo sendiri pernah menemui Dayun dan kawan-kawan di Istana. Bahkan mereka telah menerima bantuan 40 mesin jahit dan bordir untuk mengembangkan usaha. Hasto juga menyebut pelaku usaha ini banyak memberdayakan kalangan tua.

"Kampung produksi inilah yang harus kita kembangkan dan kemudian kita perkuat dan bangun kesadarannya," pungkas Hasto.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM