Sukses

KSAD Andika Pastikan Jaga Netralitas Prajurit di Tahun Politik 2019

KSAD Andika mengaku, telah menginstruksikan kepada para prajurit agar netral pada Pemilu 2019 semenjak menjadi Pangkostrad.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menjamin netralitas para prajurit pada tahun politik 2019. Dia mengaku, telah menginstruksikan kepada para prajurit agar netral pada Pemilu 2019 semenjak menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis TNI AD (Pangkostrad).

"Ya itu yang jelas (menjamin netralitas ditubuh TNI AD) saya kan selama ini pada level jabatan di bawah jabatan sekarang saya. Saya sudah berusaha untuk menerapkan," kata KSAD Andika usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (22/11/2018).

Namun Andika mengatakan, untuk lingkup yang lebih besar tidak secara otomatis akan menjamin hal tersebut. Tapi dia akan belajar untuk menerapkan netralitas di AD.

"Tapi untuk skup yang lebih besar ini tidak secara otomatis tahu saya pasti akan mempelajari dulu tugas-tugas saya tapi netralitas memang harus karena itu harapan semua masyarakat Indonesia. Gitu kan," ujar KSAD Andika.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perintah Jokowi

Dia mengatakan, menjaga netralitas dan stabilitas politik adalah perintah Presiden Joko Widodo sejak lama. Karena itu, kata dia semua prajurit harus menjaga kepercayaan masyarakat.

"Jadi AD harus netral dan itu harus kita tunjukkan ga usah kita ngomong tapi nanti prakteknya tahu-tahu enggak. Jadi itu yang harus saya lakukan dan saya yakin prajurit AD juga memahami kewajiban itu," kata Andika.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.