Sukses

Sandiaga Uno Janjikan UMKM Jadi Tulang Punggung Penyerapan Tenaga Kerja

Sandiaga menyatakan UMKM masih butuh pendampingan untuk mengelola keuangan dan pajak.

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden Sandiaga Uno menjanjikan akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya bila terpilih. Starteginya dengan berbasis pada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Karena penyerapan tenaga kerja di UMKM itu mencapai 97,7 persen," kata Sandiaga seusai mengunjungi Pasar Rejowinangun Magelang dan sentra kerajinan kayu di Pucang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (17/11/2018).

Seperti dilansir Antara, ia juga berkomitmen membuat kebijakan yang jelas dan tegas berpihak pada ekonomi rakyat.

Ia akan fokus pada pengembangan kewirausahaan. Sebab, banyak pelaku usaha rakyat yang dinilainya perlu mendapatkan pelatihan dan pendampingan.

Selain itu, pemerintahannya akan bekerja sama dengan dunia usaha memberikan berbagai akses pemasaran dan permodalan yang lebih baik.

"Berdasarkan data-data di sini, kami semakin yakin visi dan misi kami tentang ekonomi dan harga-harga yang stabil dan penciptaan lapangan kerja itu sudah tepat sebagai solusi yang diharapkan oleh masyarakat," katanya.

Dalam kunjungan di Pasar Rejowinangun Sandi membeli tempe gembus. Saat mengunjungi salah satu industri kerajinan berbahan kayu di Pucang, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, sandi menuturkan UMKM adalah lokomotif pembangunan.

Produk kerajinan di daerah ini berkualitas ekspor, karena sudah bertransaksi sampai ke Malaysia dan bisa meningkatkan devisa negara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendampingan

Menurut Sandiaga, industri di daerah tersebut perlu mendapatkan perhatian oleh pemerintah. Juga perlu pendampingan soal laporan keuangan dan masalah perpajakan, karena pemilik usaha yang sedang berkembang ini tidak punya keahlian untuk mengatur keuangannya.

"Keuntungannya per bulan berapa belum tahu tapi sudah dibebani pajak. Nanti pemerintah bersama program-programnya memberikan pelatihan peningkatan kualitas SDM, karena problema klasik UMKM yaitu SDM-nya," janjinya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.