Sukses

Kubu Prabowo Didukung Ulama Berpengaruh, Ini Komentar Timses Jokowi

Survei LSI Denny JA menyebut ada lima ulama berpengaruh di Indonesia. Mereka diketahui telah mendukung Prabowo.

Liputan6.com, Jakarta - Hasil Lembaga survei Indonesia (LSI) Denny JA mengungkapkan lima ulama berpengaruh di Indonesia. Mereka adalah Abdul Somad, Arifin Ilham, Yusuf Mansur, Ustaz Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), dan Rizieq Shihab.

Mayoritas dari kelima ulama itu diketahui telah menyatakan dukungannya untuk Paslon 02 Prabowo-Sandiaga Uno.

Menanggapi ini, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Arya Sinulingga mengatakan, hal itu bukan masalah bagi TKN dalam menarik suara pemilih Islam.

“Kita enggak ada masalah, artinya pemilih mereka itu juga banyak yang bukan pemilih. Masalahnya, belum tentu milih sana (Prabowo-Sandi) gitu loh, kan kita tahu ulama-ulama ini ngomongnya bukan politik, mereka tausiyah dan sebagainya,” ujar dia saat dihubungi wartawan, Kamis (15/11/2018).

Arya mengatakan, soal kedekatan kubu Prabowo dengan ulama pun bisa diperdebatkan. Menurutnya, belum tentu karena ulama dekat dengan Prabowo maka masyarakat yang menyukai ulama tersebut lantas akan memilih Paslon 02.

“Jadi ya seperti Ustad Abdul Somad (UAS), itu kan pengikut beliau juga enggak ke Prabowo juga. UAS NU (Nahdlatul Ulama) kan? NU dia. Orang NU kan tidak semua ke sana, orang NU ya seneng sama UAS tapi belum tentu pilih ke Prabowo,” tukas Arya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Survei LSI Denny JA

Dalam hasil survei, LSI Denny JA menyebutkan ada lima ulama yang dianggap paling berpengaruh. Mereka adalah Ustaz Abdul Somad, Ustaz Arifin Ilham, Ustaz Yusuf Mansyur, Ustaz Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), dan Rizieq Syihab.

"Mereka yang mendengar imbauan Ustaz Somad sebesar 30,2%. Ustaz Somad adalah ulama yang paling didengar suaranya atau imbauannya dari kelima tokoh tersebut atau paling didengar suaranya dari semua tokoh ulama," Katanya di Kantor LSI, Jakarta Timur, Rabu (14/11/2018).

Sementara tokoh Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab berada di peringkat kelima atau peringkat terakhir ulama berpengaruh versi LSI Denny JA.

Pengaruh ustaz Arifin Ilham sebesar 25,9%, Ustaz Yusuf Mansyur 24,9%, dan Ustaz Aa Gym yang pengaruhnya sebesar 23,5%.

"Mereka yang menyatakan mendengar imbauan Rizieq sebesar 17,0%," jelasnya.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • LSI Denny JA