LSI Denny JA: Jokowi-Ma’ruf Unggul di Segmen Pemilih yang Dengarkan Ulama

Oleh Delvira Hutabarat pada 15 Nov 2018, 03:20 WIB
Jokowi-Ma'ruf Amin

Liputan6.com, Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis temuan terbaru survei nasional November terkait Ulama dan Efek Elektoralnya. Hasilnya, 51.7 persen pemilih menyatakan, mereka mendengar himbauan dari tokoh agama.

Dari 51,7 persen pemilih yang mendengarkan ulama, sebanyak 58,7 persen memilih pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin, sementara 29,3 persen memilih Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Sementara bagi pemilih yang lebih mendengarkan profesi lain selain ulama, sebanyak 57,3 persen memilih Jokowi, 31,6 persen memilih Prabowo," kata peneliti LSI Denny JA, Ikrama di Kantor LSI, Jakarta Timur, Rabu (14/11/2018).

Sementara itu, terdapat lima ulama yang paling didengar imbauannya oleh masyarakat, yakni Ustaz Abdul Somad, Ustaz Arifin Ilham, Ustaz Yusuf Mansur, AA Gym dan Rizieq Shihab.

Ikrama menjelaskan, dari mereka yang menyatakan mendengar himbauan Ustaz Abdul Somad (30.2 persen), sebesar 54.3 persen menyatakan akan memilih Prabowo-Sandi, sebesar 38.6 persen menyatakan akan memilih pasangan Jokowi-Maruf.

Sementara dari pemilih yang mendengar imbauan Ustaz Arifin Ilham (25.9 persen), sebesar 48.7 persen menyatakan akan memilih pasangan Jokowi-Maruf. Dan sebesar 45.7 persen menyatakan akan memilih pasangan Prabowo-Sandi.

Untuk pemilih yang mendengar imbauan Ustaz Yusuf Mansur (24.9 persen), sebesar 49.0 persen menyatakan akan memilih pasangan Jokowi-Maruf, dan sebesar 44.4 persen menyatakan akan memilih pasangan Prabowo-Sandi.

Kemudian bagi pemilih yang menyatakan mendengar imbauan Ustad Aa Gym (23.5 persen), sebesar 49.2 persen menyatakan akan memilih pasangan Jokowi-Maruf, dan 46.2 persen akan memilih pasangan Prabowo-Sandi.

Di segmen pemilih yang menyatakan imbauan Habib Rizieq berpengaruh (17.0 persen), sebesar 63.0 persen menyatakan akan memilih pasangan Prabowo-Sandi, dan hanya sebesar 31.5 persen yang menyatakan akan memilih pasangan Jokowi-Maruf.

 

2 of 2

Keunggulan Jokowi-Ma'ruf

"Dari kelima tokoh agama tersebut, Jokowi-Maruf unggul di pemilih yang menyatakan mendengar himbauan Ustaz Arifin Ilham, Ustaz Yusuf Mansur dan Ustaz Aa Gym. Sementara Prabowo-Sandi unggul di pemilih yang menyatakan bahwa himbauan Ustaz Abdul Somad dan Habib Rizieq Shihab berpengaruh," terang Ikrama

Adapun LSI Denny JA melakukan survei nasional di 34 Provinsi dengan melibatkan 1.200 responden dengan margin of error 2.8 persen. Wawancara dilakukan secara tatap muka menggunakan kuesioner terhadap responden yang terpilih melalui metode multistage random sampling.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓