Sukses

Timses Jokowi-Ma'ruf Sebut Target 80 Persen di Sulut Realistis, Ini Alasannya

Wakil Ketua Tim Kampanye, Abdul Kadir Karding menyatakan, pemerintahan Jokowi sangat masif membangun di provinsi itu.

Liputan6.com, Jakarta - Penasihat Tim Kampanye Daerah Jokowi-Ma'ruf Provinsi Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, menargetkan pasangan calon nomor urut 01 bisa meraih 80 persen di wilayahnya. Hal ini dinilai Tim Kampanye Nasional (TKN), hal yang wajar.

Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto, mengatakan target tersebut realistis, lantaran banyak yang sudah dilakukan Presiden Jokowi di Sulawesi Utara.

"Presiden Jokowi memang sudah melaksanakan komitmen membangun dari pinggiran. Salah satunya adalah dengan menempatkan Sulawesi Utara sebagai gerbang kemajuan di Indonesia Timur. Mengingat provinsi ini berbatasan langsung dan jadi halaman depan NKRI," kata Hasto dalam keterangannya, Senin 12 November 2018.

Menurut dia, target tersebut sebenarnya di atas target tim kampanye. Namun, pihaknya yakin dengan semangat dan militansi TKD di Sulut, target itu bisa diraih oleh dukungan seluruh parpol, bersama tokoh dan relawan.

"Bukan hanya itu, ada juga kesatupaduan dengan para kepala daerah, wakil kepala daerah, dengan seluruh anggota legislatif," ungkap Hasto.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding menyatakan, pemerintahan Jokowi sangat masif membangun di provinsi itu. Bandara Manado, Bandara Miangas, Bandara Bolaang Mongondouw, jalan tol Manado, dan jalan lingkar, menjadi bukti sejarah kerja Jokowi.

"Jalan-jalan yang menghubungkan Sulawesi, Trans Sulawesi, juga dibangun begitu bagus di era Pak Jokowi. Jadi target 80 persen itu adalah sesuatu yang sangat realistis untuk Sulut," ungkap Karding.

Yang kedua, lanjut dia, hampir seluruh kepala daerah di provinsi itu sudah menyatakan dukungan kepada Jokowi-KH Ma'ruf Amin. TKN sendiri, akan mendukung lewat berbagai upaya konsolidasi dan pelatihan yang akan dilakukan.

"Sebagai TKN, kami akan menyampaikan aspirasi masyarakat Sulut kepada Pak Jokowi maupun Kiai Ma’ruf, bahwa karena rindunya, ingin Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf hadir di Sulut," kata Karding.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilpres 2014, Jokowi Raih 54 Persen di Sulut

Jubir Nasional TKN Arya Sinulingga menjelaskan, di Pilpres 2014 lalu, Jokowi menang di Sulut dengan raihan 54 persen. Padahal saat itu, Sulawesi Utara dipimpin Gubernur Sinyo Sarundayang yang bukan dari parpol pendukung.

Kini, Sulut dipimpin oleh Olly Dondokambey yang merupakan dari PDIP, parpol utama pendukung Jokowi. Plus koalisi yang ada saat ini dengan anggota sembilan partai politik, maka target 80 persen bukan suatu hal mustahil.

"Dengan syarat partai-partai koalisi ini bekerja dengan maksimal, seluruh calegnya benar-benar bekerja bukan untuk hanya dirinya, tapi juga untuk pilpres," jelas Arya.

Bagi dia, bila masyarakat Sulawesi Utara logis dan rasional, kecil kemungkinan target itu tak tercapai. Sebab pembangunan infrastruktur yang masif di era Jokowi adalah bukti kinerja baik yang tak terbantahkan. Sehingga wajar dan logis bila akhirnya semua memilih Jokowi-KH Ma'ruf Amin di pilpres 2019.

"Kita harapkan target 80 persen bukan hal yang mustahil dikejar di Sulawesi Utara," tandas Arya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.