Sukses

Survei Y-Publica: Tingkat Kepuasan Kinerja Jokowi Capai 72,2 Persen

Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono memaparkan tingkat kepuasan masyarakat pada pemerintahan Jokowi-JK saat ini sebanyak 72,2 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono memaparkan tingkat kepuasan masyarakat pada pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla saat ini sebanyak 72,2 persen. Namun angka tersebut dinilai cenderung stagnan ketimbang Mei 2018 yang mencapai 72,5 persen dan Agustus 2018 tingkat kepuasannya mencapai 72,9 persen.

Berdasarkan survei Y-Publica, angka 70 persen lebih tersebut didapatkan Jokowi dari hasil pembangunan infrastruktur, pemberantasan korupsi, pendidikan dan hubungan luar negeri.

Meski demikian, lanjut Rudi, tingkat apresiasi publik menurun pada pemerintahan Jokowi dalam penegakan hukum, soal kesehatan, perlindungan HAM, penyediaan lapangan kerja, hingga kebutuhan pasar. Ini yang membuat survei Jokowi cenderung stagnan.

"Ini berkaitan dengan gencarnya narasi yang dibuat oleh kubu oposisi untuk menyerang kelemahan pemerintah di sektor-sektor tersebut," kata Rudi saat rilis survei di Bakoel Coffee, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (5/11/2018).

Survei Y-Publica menunjukkan, ada dua bidang capaian Jokowi yang mendapat apresiasi publik di bawah 50 persen, yakni penciptaan lapangan kerja 45,6 persen, dan pemenuhan kebutuhan dasar 45,8 persen.

"Dua bidang ini benar-benar digarap oleh oposisi untuk menciptakan narasi yang memperlihatkan kelemahan pemerintah dalam mengurus persoalan ekonomi," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Narasi Baru

Rudi pun mengingatkan kubu Jokowi-Ma'ruf agar tidak sekadar menangkis serangan narasi narasi yang diciptakan oleh oposisi, melainkan menciptakan narasi baru.

"Seharusnya, ketika kubu Jokowi-Ma'ruf bicara politik optimisme, itu dibarengi dengan narasi tentang kerja besar yang akan dilakukan Jokowi pada periode kedua jabatannya," imbuh Rudi.

Survei Y-Publica tersebut dilakukan pada 10-20 Oktober 2018. Jumlah sampel sebanyak 1.200 responden dengan teknik survei multistage random sampling mewakili 34 provinsi di Indonesia. Margin of Error (MoE) pada survei tersebut adalah 2,98% dengan tingkat kepercayaan 95%.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.