Sukses

Selain Bercanda soal Hotel, Prabowo Juga Pernah Guyon Serupa tentang Mal

Pidato Prabowo soal hotel sempat membuat geram sebagian warga Boyolali.

Liputan6.com, Jakarta - Candaan yang dilontarkan Prabowo Subianto di Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (30/10/2018), menjadi polemik. Ia bahkan sampai dilaporkan ke polisi.

Dalam pidatonya, Prabowo menceritakan bagaimana pesatnya pembangunan Jakarta dengan gedung-gedung tinggi dan hotel-hotelnya yang mewah.

Prabowo kemudian menyebut nama salah satu hotel termewah dunia yang juga ada di Jakarta. "Kalau kalian masuk, kalian mungkin akan diusir, karena tampang-tampang kalian bukan tampang orang kaya. Tampang kalian ya tampang Boyolali ini," ujarnya di pidato tersebut.

Sebagian masyarakat Boyolali yang tersinggung sempat melakukan unjuk rasa menyikapi pernyataan Prabowo. Namun, dia memahami, menjelang pemilu suasananya serba politis.

Meski demikian, mantan Danjen Kopassus ini mempertanyakan kenapa setiap materi pidatonya harus selalu disoal. Terlebih, konteks guyon itu ingin menunjukan ketimpangan pembangunan. 

"Jadi sekarang joke harus dibatasi. Ini dibatasi, jadi saya bingung saya mau bicara apa," tutup dia.

Kalau ditarik lagi ke belakang, Prabowo bukan sekali ini guyon dengan nuansa senada. Pada 17 Agustus tahun 2017, ia sempat dicegat wartawan untuk menanyakan situasi politik terakhir.

Alih-alih menjawab, Prabowo malah menyatakan dirinya juga membela wartawan. "Kita juga bela wartawan. Gaji kalian juga kecil, kan?" tanya Prabowo selepas upacara hari Kemerdekaan di Universitas Bung Karno.

Namun, Prabowo menjawab sendiri pertanyannya. "Tahu karena kelihatan dari muka kalian, muka kalian itu enggak bisa belanja di mal, betul kan? Jujur? Jadi kami ini bela kalian," lanjut Prabowo.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.