Tim Kampanye Jokowi Cermati 3 Daerah Kekuatan Prabowo-Sandi

Oleh Liputan6.com pada 04 Nov 2018, 06:42 WIB
Gaya Pidato Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi Usai Dapat Nomor Urut

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding mengatakan, Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf mencermati tiga daerah yang berdasarkan hasil survei LSI Denny JA menjadi basis kekuatan pasangan calon Prabowo-Sandi yaitu Riau, Banten, Jawa Barat. Di tiga wilayah tersebut, Partai Gerindra diprediksi menang di Pemilu 2019.

"Data ini memacu kami untuk lebih semangat lagi bekerja untuk pemenangan Jokowi-Kiai Ma'ruf," kata Karding di Jakarta, Sabtu (3/11/2018) seperti dilansir dari Antara.

Hasil survei LSI Denny JA di 10 provinsi menunjukkan, parpol koalisi Jokowi-Ma'ruf seperti PDIP menang di lima provinsi, dan Golkar-PKB di satu provinsi. Partai Gerindra sebagai salah satu parpol pengusung paslon Prabowo-Sandi unggul di tiga provinsi.

Karding mengatakan, TKN Jokowi-Ma'ruf di tiga daerah itu akan melakukan kampanye lebih strategis, fokus, dan lebih kreatif dari sisi "serangan darat" maupun "serangan udara".

Dia menilai, paslon capres nomor urut 02 relatif lebih unggul di tiga daerah tersebut sehingga pihaknya akan lebih intensifkan kampanye.

"Alhamdulillah pada semua survei berdasarkan demografi maupun berdasarkan partai-partai, Jokowi masih unggul dari Prabowo. Itu artinya Jokowi masih sangat diharapkan masyarakat untuk memimpin Indonesia lagi," ujarnya.

Namun dia berharap, ada survei yang hasilnya menyeluruh misalnya berdasarkan kabupaten/kota sehingga diketahui penyebaran dukungan, popularitas, dan elektabilitas pasangan calon.

Sebelumnya, hasil survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan, PDIP menguasai suara di lima provinsi terbesar di Indonesia yaitu Jawa Tengah, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Lampung, dan Sumatera Selatan.

Partai Gerindra di tempat kedua dengan menang di tiga provinsi yaitu Riau, Banten, Jawa Barat; Partai Golkar unggul di Sulawesi Selatan, dan PKB menang di Jawa Timur.

2 of 2

Jokowi ke Banten

Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Provinsi Banten. Kali ini, Jokowi tidak menumpang mobil kepresidenan, melainkan menaiki mobil Toyota Innova.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, kegiatan yang akan dilaksanakan Jokowi selama di Banten, adalah kegiatan sebagai calon presiden. Oleh karenanya, Jokowi tidak menggunakan fasilitas mobil kepresidenan.

Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin pun mendapat dukungan dari keluarga besar almarhum Tubagus Chasan Sochib.

Tubagus Chasan Sochib merupakan ayahanda dari mantan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah. Deklarasi dukungan tersebut digelar di Gelanggang Olahraga (GOR) Maulana Yusuf‎, Banten, Sabtu (3/11/2018).

Kedatangan Jokowi disambut oleh tokoh masyarakat Banten dari keluarga Tubagus Chasan Sochib. Di antaranya Ketua DPD Golkar Banten Ratu Tatu Chasanah dan Ketua Pelaksana Deklarasi Airin Rachmi Diany.

Jokowi dan Ma'ruf tampak mengenakan pakaian pendekar Banten berwarna hitam. Di bagian dadanya terdapat emblem tulisan 'Pendekar Banten Indonesia'.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓