Ma'ruf Amin Ingatkan Santri Jaga Keutuhan NKRI

Ma'ruf Amin Ingatkan Santri Jaga Keutuhan NKRI

Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri penutupan festival Tajug Hari Santri Nusantara di Kota Cirebon, Jawa Barat, Senin sore.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (23/10/2018), Ma'ruf Amin memberikan sambutan dalam penutupan festival Tajug Hari Santri Nasional yang berlangsung di Alun-alun Keraton Kasepuhan, Kota Cirebon.

Di hadapan santri, Ma'ruf menceritakan sejarah santri dalam memperjuangkan kemerdekaan. Bahkan, santri juga dianggap memiliki andil besar dalam berbagai pertempuran, khususnya saat pengusiran penjajah di Surabaya. Dan karena santri memiliki andil besar dalam kemerdekaan, maka seyogyanya para santri untuk tetap solid dan teguh dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bahkan, santri juga memiliki tugas untuk menjaga keberagaman bangsa yang menganut sistem republik sesuai kesepakatan para pendiri bangsa. Oleh karenanya, sistem-sistem lain seperti kerajaan, khilafah dan amir tertolak dengan sendirinya di Indonesia.

"Khilafah bukan ditolak tapi tertolak, karena menyalahi kesepakatan," ujar Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Sebelum menghadiri penutupan festival Tajug Hari Sntri Nusantara di Cirebon, Ma'ruf Amin juga hadir dalam apel Hari Santri Nasional di Tasikmalaya, Jawa Barat. Dalam apel ini, Ma'ruf Amin didampingi oleh Ketua PKB Muhaimin Iskandar dan Ketua PBNU Said Aqil Siroj. (Muhammad Gustirha Yunas)

Ringkasan

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 23 October 2018, 08:22 WIB

Tag Terkait


Video Terkait

Spotlights