Cerita Ma'ruf Amin soal Liga Inggris dan Klub yang Digemarinya

Oleh Putu Merta Surya Putra pada 22 Okt 2018, 07:07 WIB
Bersama Istri, Ma'ruf Amin Hadiri Deklarasi Dukungan P-IJMA

Liputan6.com, Jakarta - Dikenal sebagai ulama sepuh, Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin ternyata gandrung dengan dunia sepakbola. Pria yang akrab disapa Abah ini menyebut beberapa klub yang berlaga di Liga Inggris yang mencuri perhatiannya.

"Ya yang bagus. Terkadang Manchester City, kadang MU (Manchester United), kadang Chelsea," ucap Ma'ruf di Tasikmalaya, Minggu 21 Oktober 2018.

Selain tiga klub papan atas liga kasta utama Inggris tersebut, Ma'ruf juga memerhatikan Liverpool. Pada musim 2017-2018, The Reds, menjadi perhatian publik dunia akan kemampuan salah satu penyerangnya, yakni Mohamed Salah yang membawa menembus final Liga Champions.

"Liverpool juga (memerhatikan)," tuturnya.

Dia mengaku, jika sudah menonton pertandingan sepak bola di layar kaca akan menikmati dengan minum teh. 

Meski menggemari olahraga, pendamping Jokowi di Pilpres 2019 itu, sulit melakukan kegiatan mengolah fisik lantaran padatnya jadwal.

Dia pun mengaku, saat berada rumah harus menerima banyak orang yang ingin bersilaturahmi di kediamannya.

"Dulu iya (berolahraga). Sekarang enggak sempat jalan pagi. Pertama saya selalu berada di luar kota seperti sekarang. Kedua, kalau di rumah jam 6 pagi sudah datang. Jadi mau jalan pagi sudah enggak sempat," cerita Ma'ruf Amin.

2 of 2

Cara Menjaga Stamina

Namun, hal ini tak membuat dia luput memerhatikan staminanya. Mantan Rais Aam Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) itu, kini mulai ketat dalam mengatur pola makannya.

"Karena sudah tua tentu sudah mulai ada gula, sudah mulai ada kolesterol, sudah mulai ada asam urat, itu yang saya hindari. Mengurangi supaya tidak ada gulanya, kolesterolnya, asam uratnya supaya tetap sehat," kata Ma'ruf.

Dia juga berbagi agar tidak mengalami banyak tekanan, maka menjalani hidup dengan tanpa beban. "Saya tidak ada problem-problem, mengerutkan dahi. Mengalir saja, dinikmati," katanya.

Selain itu, meski acap kali dan senang membaca buku atau kitab fiqih (tafsir), yang menurut dia, dapat memberikan solusi atas segala problem kehidupan, juga sesekali menikmati membaca novel.

"Novel saya suka juga, cerita silat suka juga, Kho Ping Hoo," kata Ma'ruf Amin.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓