Sukses

Sandiaga Uno Bagikan 3 Tips bagi Pengusaha Hadapi Krisis

Menurut Sandiaga Uno, krisis merupakan momentum berinovasi.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno berbagi tips kepada para pengusaha saat ekonomi mengalami krisis. Di hadapan para pengusaha dan ribuan warga di Tangerang Selatan, Sandiaga mengungkap tiga kunci hadapi kesulitan ekonomi.

"Kalau bisnis sedang sulit seperti ini, kita harus lakukan penghematan. Kita jaga cash flow, jangan sampai cash flow morat-marit karena perlambatan usaha kita," ujar Sandi, Sabtu (20/10/2018).

Untuk usaha di bidang kuliner, Sandi menyarankan penghematan dilakukan dengan mengurangi porsi namun tetap mempertahankan kualitas produk. Termasuk untuk membatasi pengeluaran yang tidak perlu.

"Kalau harga naik laku enggak? Serba salah. Biasanya porsinya yang dikurangi tapi kualitas tetap, jangan berkurang," kata Sandi.

Kunci yang kedua dengan melakukan inovasi. Sandi mengatakan, inovasi biasanya muncul saat kondisi sulit. Banyak usaha yang muncul justru dalam kondisi sulit. Kunci yang terakhir adalah bertawakal.

"Mari kita katakan, 'i can do it'. Krisis merupakan peluang kita berinovasi. Krisis datang dan pergi," Sandi menerangkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemerintah Lebih Tanggap

Menurut Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sohibul Iman, bisnis mengalami penurunan omset lantaran kalangan masyarakat umum merasakan harga mahal dan daya beli rendah. Sohibul meminta agar pemerintah lebih tanggap dalam hal ini.

"Kalau harga bahan pokok mahal, benteng terakhir pertumbuhan ekonomi kita bisa jebol juga. Kami bertekad menstabilkan harga supaya pertumbuhan ekonomi bisa bertahan minimal dari sektor ekonomi," ungkap Sohibul mendampingi Sandiaga.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.