Sukses

Kampanye di Madura, Ma'ruf Amin: Serasa Pulang Kampung

Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin menuturkan dirinya masih punya garis keturunan Arosbaya.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin menuturkan masih punya garis keturunan Arosbaya. Di mana leluhurnya bernama Kiai Demang Plakaran, salah satu raja di Bangkalan, yang mempunyai anak bernama Raden Kiai Pragalbo. Raden Pragalbo memiliki keturunan bernama Zuhra Pradoto Jambringin yang menurunkan Nyai Narantoko.

Omongan Ma'ruf tersebut dilontarkan saat menghadiri peringatan Hari Santri Nasional ke-2 bersama ulama se-Madura di Pondok Pesantren Hidayatulloh Al Muhajirin, Arosbaya Bangkalan, Madura, Jumat (19/10/2018).

"Saya merasa seakan kembali ke kampung halaman," ujarnya.

Ma'ruf Amin pun melanjutkan kisahnya. Nyai Narantoko diperistri oleh Raja Sumedang Larang, Geusan Ulun. Nyai Narantoko kemudian diberi gelar Nyai Ratu Arusbaya atau Harisbaya.

"Dari situlah lahir mbah-mbah saya, terus ke saya. Saya punya darah Madura dan darah Arosbaya. Dan lahirnya di Banten. Jadi, hari ini saya pulang kampung dan disambut dengan meriah," ucap Ma'ruf Amin dalam keterangannya, Jumat (19/10/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Bupati

Di tempat yang sama, turut hadir Bupati Bangkalan R Abdul Latif Imron. Imron medoakan agar Ma'ruf Amin mampu hadir sebagai pemimpin yang mempererat persaudaraan muslimin se-Indonesia.

"Kami mendoakan semoga apa yang dicita-citakan Beliau diberikan kesuksesan oleh Allah," kata Abdul Latif.

Dia berharap kehadiran Ma'ruf Amin bisa membawa kesejukan di sini.

"Sehingga dengan hadirnya Ma'ruf Amin, dapat memberikan kesejukan pada umat, baik pada kelurga kecil, umat seluruh Madura, dan seluruh rakyat Indonesia," pungkasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.