Sukses

Janji Kampanye Ma'ruf Amin Vs Sandiaga Uno, Pilih Mana?

Calon wakil presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno lebih sering berkampanye ke berbagai daerah dibanding para calon presidennya.

Liputan6.com, Jakarta Calon wakil presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno lebih sering berkampanye ke berbagai daerah dibanding para calon presidennya. Sejumlah janji kampanye dan program yang akan diwujudkan jika terpilih pun diumbar.

Berikut ini janji-janji kampanye yang di ucapkan Ma'ruf Amin:

1. Bikin Pelabuhan Halal

Beberapa waktu lalu, cawapres Ma'ruf Amin menghadiri penutupan Jogya Halal Fest 2018 yang diadakan Perkumpulan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Yogyakarta. Pada acara itu Ma'ruf Amin berencana akan membuat pelabuhan halal atau halal port. Menurutnya ini sudah diterapkan di belahan dunia.

"Karena itu pemerintah akan mencanangkan akan membuat pelabuhan halal. Halal port. Belanda saja punya halal port. Padahal dia, bukan mayoritas muslim. Karena itu, Insya Allah kita akan membuat pelabuhan halal, halal port supaya tidak bercampur dengan yang tidak halal," kata mantan Rais Aam PBNU ini.

2. Bikin Area Industri Halal

Selain pelabuhan halal, cawapres Ma'ruf Amin berencana akan membuat area industri halal jika nanti menjadi wakil presiden. Dia mengatakan saat ini halal sudah merambah ke mana-mana, bukan hanya makanan dan fashion saja.

"Area industri halal direncanakan di Pulogadung, di Cikande Banten, dan di Sidoarjo Surabaya. Halal sekarang sudah merambah ke mana-mana," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Janji Sandi

1. Permudah Izin Usaha

Saat bertemu dengan pelaku ekonomi masyarakat Tionghoa, cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno berjanji akan mempermudah izin usaha jika kelak terpilih menjadi wapres. Dia ingin fokus bisnis dalam negeri dibenahi terlebih dahulu, seperti masalah pajak dan aturan lainnya.

"Kalau pedagang cuan (untung) enggak usah disuruh-suruh pasti invest. Kalau sekarang cuan nggak sekarang? Saya beranggapan pengusaha itu nggak usah diberikan yang diimingi macam-macam asal dikasih cuan, bikin usahanya gampang, hukumnya jelas, izinnya mudah. Pajak yang enggak macam-macam. Pasti invest di sini juga," kata Sandiaga di kawasan Lotus Palace, Pantai Indah Kapuk.

2. Buat OK Oce Kopi

Cawapres Sandiaga Uno mendapat keluhan tentang kendala pemasaran kopi saat kampanye di Temanggung. Berdasarkan pengalamannya, pemasaran dan produksi memang menjadi kendala bagi setiap pengusaha kopi.

Rencananya, Sandi akan mendirikan posko di Temanggung jika nanti terpilih. Para petani kopi bisa menggunakan tempat itu untuk berdialog memecahkan permasalahan tersebut. "Nanti dibuat program 'oke oce kopi' yang insya Allah bisa mengangkat tentang pemasaran kopi," katanya.

 

Reporter: Desi Aditia Ningrum

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.