Sukses

Begini Cara Timses Jokowi Pastikan Sumbangan Dana Kampanyenya Bersih

Timses Jokowi akan mengembalikan dana yang didonasikan bila di kemudian hari ternyata ditemukan masalah.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, telah meluncurkan nomor rekening untuk menampung sumbangan dana kampanye. Mereka pun berusaha memastikan uang yang terkumpul bersih atau tak bermasalah dengan hukum.

Wakil Bendahara TKN Jokowi-Ma'ruf, Rerie Lestari Moerdijat mengatakan, akan ada formulir yang memungkinkan penyumbang bisa dilacak.

"Jadi bisa di-trace, siapa pengirimnya. Kalau pengirimnya tak dikenal otomatis nanti kita balikkan," ucapnya di Posko Cemara, Jakarta, Selasa (16/10/2018).

Hal serupa pernah dilakukan pada Pilpres 2014. Kala itu, Jokowi-Jusuf Kalla mengembalikan Rp 6 miliar ke negara lantaran tak jelas asal-usulnya.

"Total 6 miliar dikembalikan ke kas negara. Kan enggak boleh (dikembalikan ke pengirimnya). Harus dikembalikan ke kas negara sesuai aturannya," ungkap Rerie.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengembalian Sumbangan

Timses Jokowi juga akan mengembalikan dana yang didonasikan bila di kemudian hari ternyata ditemukan masalah.

"Kalau perusahaan (penyumbang) itu memang tercatat bermasalah, kita akan kembalikan. Layaknya memang seperti itu," tukasnya.

Yang pasti, timses menegaskan penyumbang tak bisa meminta imbal balik dari apa yang didonasikannya. Timses Jokowi akan berusaha maksimal agar aliran keuangan transparan.

Saksikan video pilihan di bawah ini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.