Sukses

JK: Kampanye Negatif Susah Dihindari

Wapres JK ini menjelaskan, saat kampanye berlangsung, mengemukakan kesalahan-kesalahan lawan sulit dihindari.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai, jelang Pilpres 2019, kampanye negatif sulit dihindari. Sebab, kampanye negatif adalah cara salah satu pasangan calon untuk mengemukakan fakta dari lawan.

"Kalau kampanye positif itu bagus, tapi kampanye negatif kadang-kadang susah dihindari, karena selama dia mengemukakan fakta. Artinya untuk kampanye ini berbuatlah yang positif dan jangan bikin kesalahan," kata Jusuf Kalla di kantornya, Jalan Merdeka Utara, Selasa (16/10/2018).

Pria yang kerap disapa JK ini menjelaskan, saat kampanye berlangsung, mengemukakan kesalahan-kesalahan lawan sulit dihindari.

"Apakah beras naik, wah itu salah. Itu atau you bikin kesalahan apa, semua di mana-mana itu jangan diinstruksikan, bahwa itu tidak melanggar apa-apa. Walaupun jangan katakan negatif, mengemukakan kekeliruan lawan itu sesuatu yang biasa-biasa saja," papar JK.

Sebelumnya, Presiden PKS Sohibul Iman mempersilakan kadernya melakukan kampanye negatif di Pemilu 2019. 

"Saya mengatakan 80 persen kampanye kita harus positive campaign. Silakan masuk ke negative campaign cukup 20 persen," kata Sohibul saat Konsolidasi Nasional PKS di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat, Minggu 14 Oktober 2018.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serang Kelemahan Lawan

Dia menjelaskan, kampanye negatif yang dimaksud adalah kampanye yang 'menyerang' kelemahan lawan. Namun, hal itu harus didasari dengan fakta.

"Negative campaign yang kita angkat adalah kelemahan lawan kita tetapi ada faktanya. Tidak bohong, itu kalau negative campaign, itu boleh. Sebab publik harus tahu, calon lain ini apa kelemahannya," kata Sohibul.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.