Sukses

3 Manuver Politik Alumni 212 Jelang Pilpres 2019

Para pengunjuk rasa dalam aksi 212 yang berlangsung 2 Desember 2016 lalu hingga kini masih terus beraksi.

Liputan6.com, Jakarta - Para pengunjuk rasa dalam aksi 212 yang berlangsung 2 Desember 2016 lalu hingga kini masih terus beraksi.

Pengunjuk rasa aksi 212 ini terbentuk ketika Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyinggung surat Al Maidah 51. Setelah aksi 212 ini rampung, mereka terus terikat dengan membentuk Persaudaraan Alumni (PA) 212.

Hingga kini, para tokohnya masih terus melakukan manuver politik jelang Pilpres 2019.

Berikut beberapa manuver politik yang dilakukan para tokoh aksi 212.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Alumni 212 Dukung Prabowo Subianto

Persaudaraan Alumni (PA) 212 menyatakan dukungan terhadap Prabowo Subianto pada Pilpres 2019. Bahkan beberapa perwakilan PA 212 telah masuk timses capres-cawapres Prabowo-Sandi.

Perwakilan itu di antaranya KH Abdul Rosyid, Muhammad Al Khaththath, dan Yusuf Martak. Posisi mereka di timses telah ditetapkan.

"Nanti mereka akan menempati posisi yang telah kita tetapkan. Tidak ada posisi khusus. Banyak juga yang akan menjadi jurkamnas. Sehingga mereka bisa maksimal untuk mewartakan atau apa yang perlu disampaikan terkait program Prabowo-Sandi," kata Sekjen PAN, Eddy Soeparno beberapa waktu lalu.

3 dari 4 halaman

2. Dukung Jokowi-Ma'ruf

Selain mendukung Prabowo, ada juga yang mendukung Jokowi. Aktivis aksi Bela Islam 212 mendeklarasikan dukungan kepada pasangan calon nomor urut 1, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Mereka membentuk kelompok relawan dengan nama eks 212 kawal KH Ma'ruf Amin. Salah satu agenda yang mereka bawa adalah memperjuangkan kepulangan pimpinan FPI Rizieq Syihab dari Arab Saudi.

"Jadi agenda ini termasuk di dalamnya adalah kita akan memperjuangkan dalam hal ini Rizieq Syihab untuk kembali ke Indonesia dengan aman nyaman dan damai dan tentu koridor hukum," kata Koordinator Eks 212, Razman Arief Nasution di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat.

4 dari 4 halaman

3. Bikin Partai Politik

Yang pernah ramai adalah salah satu manuver politik dari alumni 212 membuat partai politik. Waktu itu diberi nama Partai Syariah 212.

Tujuh orang menjadi deklarator adalah Siti Asmah Ratu Agung, Ma'ruf Halimuddin, Agung Suyono, Sidiq Waluyo, Ruli Munandzir, Andi Darmawati dan Hafidz. Mereka berharap partai ini bisa menjadi wadah baru bagi umat Islam. Namun, pembuatan partai itu sepertinya tak serius karena tak jadi ikut menjadi peserta pemilu.

"Basis massanya umat Islam semuanya. Hal yang mengikat, tentu saja ya ikhlasnya. Ikhlas dalam berjihad ekonomi, jihad politik. Saya optimistis ini akan cepat sekali," ujar Siti waktu itu.

Reporter : Desi Aditia Ningrum

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.