Sukses

Menag Lukman Ingatkan Masyarakat Tak Terpecah Belah Jelang Pemilu 2019

Jelang agenda tahun politik, Menteri Agama Lukman Hakim mengingatkan seharusnya seluruh umat beragama tetap menjaga rasa saling menghormati, termasuk jika ada perbedaan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengimbau agar warga tidak terpecah belah karena perbedaan aspirasi jelang Pemilu 2019 dan tetap menjaga persatuan bangsa.

"Umat beragama, jangan sampai karena perbedaan aspirasi politik, perbedaan pilihan kita baik pemilu legislatif, pemilihan Presiden membuat saling terpecah, apalagi saling berseteru antara sesama saudara sendiri, sebangsa," ujar Lukman saat menghadiri seminar kebangsaan yang digelar oleh Ma'had Aly Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, seperti dilansir Antara, Rabu (10/10/2018).

Dia mengatakan, jelang agenda tahun politik, seharusnya seluruh umat beragama tetap menjaga rasa saling menghormati, termasuk jika ada perbedaan. Dengan itu, kata Lukman, persaudaraan tetap bisa terjaga dengan baik.

"Semestinya harus senantiasa kita jaga, sekeras apapun perbedaan di antara kita jangan sampai putus ukuwah, persaudaraan sesama, sebangsa, sesama manusia," ucapnya.

Lukman mengaku, pihaknya juga mengapresiasi kegiatan seminar kebangsaan yang digelar oleh Ma'had Aly Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri ini. Dia merasa senang sebab bisa hadir memberikan kuliah umum dalam kegiatan seminar kebangsaan tersebut.

Terlebih lagi, kata Lukman, di Ma'had Aly Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri ini memang secara khusus dikembangkan program studi fiqih kebangsaan. Sehingga dia berharap, ke depan kualitas lulusan dari Ma'had Aly ini semakin bagus.

Fiqih kebangsaan merupakan kajian yang terus dibutuhkan seiring dengan dinamika masyarakat dalam setiap relasi hubungan negara di satu sisi dan agama di sisi lain. Dengan kajian ini, tentunya ada masukan yang cukup positif dibahas oleh para santri demi kemajuan bangsa ini.

"Tentu kehormatan tersendiri bagi saya bisa berbicara di hadapan para santri dan mudah-mudahan kualitas ma'had aly terus membaik," kata Lukman.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejarah Panjang Pesantren

Pesantren Lirboyo juga termasuk pesantren yang memiliki sejarah panjang dengan jumlah santri yang sangat besar bahkan terbesar dari 35 ma'had aly yang ada di Indonesia.

Sementara itu, kegiatan tersebut juga dihadiri pengasuh Pesantren Lirboyo, Kediri, termasuk KH Anwar Manshur dan sejumlah pengurus pondok lainnya. Selain itu, acara itu juga dihadiri pejabat Kementerian Agama di Kediri dan sekitarnya, rektor kampus di bawah Kementerian Agama Kediri dan sekitarnya serta para santri Ma'had Aly Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri.

KPU sudah bersiap menggelar Pemilu 2019, memilih calon presiden dan calon wakil presiden, anggota legislatif dari pusat hingga daerah serta anggota DPRD Kota Kediri.

Pemilihan Presiden 2019 mendatang diikuti dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, yakni Joko widodo-KH Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.