Sukses

Agar Paham Siapa Cut Nyak Dien, Tim Jokowi Kirim Buku Sejarah SMP ke Hanum Rais

Buku sejarah itu memuat cerita tentang pahlawan perempuan Cut Nyak Dien dan Kartini.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin mengirimkan dua buah buku pelajaran sejarah SMP kepada putri Amien Rais, Hanum Rais. Buku sejarah itu memuat cerita tentang pahlawan perempuan Cut Nyak Dien dan Kartini.

"Kami sudah menerima ini buku sejarah. Nanti bidang perempuan Tim Kampanye Nasional, nanti sore akan mengirimkan buku sejarah itu kepada Mbak Hanum Rais, supaya memahami betul siapa Cut Nyak Dien dan siapa Ibu Kartini. Ini buku sejarah SMP," ucap Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto, di Posko Cemara, Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Buku itu, kata Hasto, akan dikirimkan dengan menggunakan jasa ojek online. "Nanti pakai Go-Jek saja," ungkap Hasto.

Dia berharap dengan mengirimkan buku tersebut, ke depan Hanum tidak lagi mudah membuat perbandingan antara tokoh pahlawan bangsa dengan urusan elektoral.

"Itu diturunkan kehormatannya hanya karena persoalan politik elektoral," pungkas Hasto.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Samakan Ratna Sarumpaet dengan Cut Nyak Dien

Sebelumnya, melalui sebuah video yang beredar di media sosial, putri Amien Rais, Hanum Rais membela Ratna Sarumpaet sejak isu penganiayaan tersebut beredar. Bahkan dia menyamakan perjuangan Ratna Sarumpaet dengan apa yang dilakukan Cut Nyak Dien dan Kartini di masa lalu.

"Saat ini saya bersama Bunda Ratna Sarumpaet, saya bisa merasakan. Beliau buat saya adalah Cut Nyak Dien masa kini. Kartini masa kini mungkin adalah Bunda Ratna Sarumpaet dan Bunda Neno Warisman. Mudah-mudahan ini mengilhami ribuan Neno Warisman dan juga Ratna Sarumpaet (lainnya) di Indonesia. Salah satunya mudah-mudahan saya bagian dari perjuangan Ibu," tutur Hanum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.