Sukses

LSI Denny JA: Jokowi Unggul di Sumatera karena Status Petahana

Jokowi sebagai petahana berhasil membangun persepsi positif kepada masyarakat dari hasil kerjanya.

Liputan6.com, Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA memaparkan hasil suara di pulau-pulau besar dari pasangan capres-cawapres Jokowi-KH Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Salah satunya Pulau Sumatera. Jokowi mengungguli Prabowo dengan perbedaan yang tipis.

Tim Riset LSI Denny JA Ardian Sopa menjelaskan, Jokowi unggul di Sumatera karena memiliki sumber daya yang mendukung. Selain itu, dia juga diuntungkan dengan statusnya sebagai petahana.

"Sebagai inkumben dia punya sumber daya dan sebagainya. Dia bisa gunakan dengan jaringan yang. ada. Terlebih jaringan gubernur bisa dimanfaatkan secara positif. Kemudian jaringan partai bisa dimanfaatkan," kata Ardian di kantor LSI Denny JA, Jakarta Timur, Kamis (27/9/2018).

Dia melanjutkan, meski ada pekerjaan rumah yang masih mangkrak, Jokowi sebagai petahana berhasil membangun persepsi positif kepada masyarakat dari hasil kerjanya lewat program pembangunan yang dia galakkan.

"Jadi persepsi positif ini seperti pembukaan tol, itu bisa meningkatkan. Infrastruktur yang dibangun itu bisa meningkatkan sisi positif yang ujungnya meningkatkan elektabilitas Jokowi. Jadi kesuksesan Jokowi bisa diterima, tapi masih banyak yang belum," jelas Ardian.

Dari hasil survei LSI Denny JA di Pulau Sumatera, Jokowi-Ma'ruf masih unggul dari Prabowo-Sandi. Perbedaan angkanya tipis antara 44,8 persen untuk Jokowi-Maruf dan 43,8 persen didapat Prabowo-Sandi. Namun yang belum jawab dan rahasia sebesar 11,4 persen. Base pulau ini 20,8 persen.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan 7 Kepala Daerah

Kemudian, tujuh kepala daerah yang terdiri dari Bupati dan Wali Kota di Sumatera Barat juga menyatakan dukungan terhadap calon presiden petahana Joko Widodo. Para kepala daerah tersebut menandatangani surat pernyataan dukungan.

Tujuh kepala daerah tersebut adalah Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, dan Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias.

"Hari ini ada 7 kepala daerah yang ada di Sumbar menyatakan dukungan," kata Wakil Ketua Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Abdul Kadir Karding di Posko Cemara, Jakarta Pusat, (18/9/2018).

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.