Sukses

Yenny Wahid Dukung Jokowi-Ma'ruf, Pertanda NU Satu Suara di Pilpres 2019?

Yenny wahid dukung Jokowi-Ma'ruf Amin, disebut sebagai "Ini membuahkan hasil, bersatunya semua keluarga NU,

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pihak menyambut positif keputusan Yenny Wahid mendukung pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Robikin Emhas mengunngkapkan, sejak awal sudah yakin arah dukungan keluarga mendiang Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, ke pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf.

Dia meyakini Gus Dur yang merupakan guru besar Nahdlatul Ulama, dalam satu gerbong mendukung Rais Aam NU Ma'ruf Amin sebagai cawapres

"Kami yakin, kami yakin, kami yakin dengan Gus Dur. Kami sangat hormat, beliau adalah guru kami," kata Robikin di rumah Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (26/9/2018).

Sebagai warga NU, Robikin pun bakal patuh mendukung Ma'ruf karena memiliki tanggungjawab moral. Dia juga senang akhirnya putri Gus Dur, Yenny Wahid, bersama-sama mendukung capres petahana.

Robikin menambahkan, NU bakal terus berada dalam gagasan Gus Dur dalam rangka memperjuangkan hak kaum minoritas. Itu sudah termaktub dalam visi kebangsaan dan kenegaraan NU.

Sambutan baik juga disampaikan Wakil Sekjen PKB Jazilul Fawaid. "Ini membuahkan hasil, bersatunya semua keluarga NU," ucap Jazilul di kantornya, Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Jazilul menilai, dukungan Yenny membuka peluangnya kembali ke dunia politik. PKB pun, kata Jazilul, terbuka menerima kehadiran Yenny Wahid di partai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dongkrak Perolehan Suara Jokowi

Dia pun meyakini, dengan dukungan Yenny, luka lama dengan PKB artinya sudah sembuh.

"Alhamdulillah kalau itu yang dipersepsi, ya alhamdulillah. Kita semua ingin tidak ada luka. Karena semua sudah berjalan, sudah ada penataan," ucapnya.

Sementara Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Diaz Hendropriyono, menyatakan yakin dukungan keluarga Gus Dur ini akan menambah perolehan suara Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019 mendatang.

"Oh iya, nambahlah pasti, 5 juta suara 2019," ungkap Diaz di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Sebagai parpol pendukung Jokowi-Ma'ruf, Diaz mengatakan, koalisinya sangat terbuka apabila ada dukungan dari pihak-pihak lain.

Ia pun memastikan bahwa partainya siap mengamankan 1 juta suara lebih untuk Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019.

"Yang jelas PKPI selama masih ada saya, 1,1 juta suara pasti seluruhnya untuk Pak Jokowi," kata Diaz.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.