Sukses

Belasan Gubernur Dukung Jokowi, Mendagri: Tak Apa, Sah Saja

Sebanyak 15 gubernur menyatakan dukungan terhadap Jokowi dalam Pilpres 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 15 gubernur menyatakan dukungan terhadap Jokowi dalam Pilpres 2019. Pernyataan dukungan kepala daerah terhadap calon presiden nomor urut 1 itu dinilai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo bukan hal yang patut dikhawatirkan.

"Enggak apa-apa, sah saja," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo usai pelantikan Penjabat Gubernur Kaltim, di Pendopo Lamin Etam, Jalan Gadjah Mada, Samarinda, Sabtu (22/9/2018).

Tjahjo kembali menegaskan, kepala daerah menyatakan dukungan ke Jokowi itu bukanlah menjadi masalah. "Ya enggak dong. Kepala daerah itu kan jabatan politis. Bedakan, jabatan kepala daerah dan ASN," ujar Tjahjo.

"Dia (Gubernur) adalah bisa didukung satu partai, dari gabungan partai, bisa dari kader partai atau tidak. Jadi, itu sah-sah saja," tambah Tjahjo.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

ASN Harus Netral

Lantas, bagaimana dengan dampaknya bagi ASN? "Oh enggak, itu ada aturannya. Saya kira, (ASN) harus lurus, harus ikut TNI dan Polri. Pokoknya, harus lurus. ASN harus netral," tegas Tjahjo.

Namun demikian, Tjahjo menggarisbawahi, kepala daerah mana pun, harus mematuhi aturan, apabila menjadi juru kampanye dan akan berkampanye. "Kepala daerah, juga sama. Kalau mau kampanye, ajukan izin," Tjahjo memungkasi.

 

Reporter: Saud Rosadi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.