Detik-Detik Jokowi Dapat Nomor 1 dan Prabowo Nomor 2

Oleh Maria Flora pada 22 Sep 2018, 08:50 WIB
Diperbarui 22 Sep 2018, 08:50 WIB

Fokus, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan nomor urut bagi dua pasangan calon presiden dalam rapat pleno terbuka, Jumat malam kemarin. Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin mendapat nomor 1 dan Prabowo-Sandi, nomor 2.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (22/9/2018), pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno tiba sekitar pukul 19.30 WIB, lebih dahulu dibanding pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin yang datang dengan mobil hias dari Tugu Proklamasi.

Pengundian nomor urut digelar dalam rapat pleno terbuka yang dipimpin Ketua KPU Arief Budiman dan disaksikan oleh Bawaslu, DKPP, Komisi II DPR, dan pimpinan partai politik pendukung kedua pasangan calon. Undian didahului dengan pengambilan nomor oleh masing-masing cawapres.

Sandiaga mendapatkan nomor satu, sementara Ma'ruf Amin mendapatkan nomor undian 10. Dengan demikian, Capres Prabowo berhak mengambil nomor undian untuk nomor resmi pasangan capres telebih dahulu.

Setelah masing-masing Capres mengambil tabung berisi nomor undian, Ketua KPU meminta keduanya membuka secara bersama-sama. Sesuai kesepakatan, nantinya nomor resmi yang akan digunakan adalah 01 dan 02.

Para pendukung masing-masing pasangan capres pun kemudian bersorak sambil mengangkat nomor dan atribut capres. Sebelum meninggalkan gedung KPU, kedua pasangan capres ini kemudian melakukan sesi foto bersama dengan para komisioner KPU. (Muhammad Gustirha Yunas)