Sukses

Ini Skema Pengambilan Nomor Urut Capres dan Cawapres di KPU Hari Ini

Pengundian nomor urut untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2019 akan dilaksanakan pukul 20.00 WIB, Jumat (21/9/2018).

Liputan6.com, Jakarta - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengatakan pengundian nomor urut untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2019 akan dilaksanakan pukul 20.00 WIB, Jumat (21/9/2018).

Secara teknis, kata dia, para capres dan cawapres akan datang ke KPU dan datang di ruangan VIP. Saat acara pengundian nomor urut dimulai, capres dan cawapres akan duduk di atas panggung yang disediakan.

"Nanti tempatnya itu para capres dan wapres di atas panggung di sebelah kami. Mereka duduk bersampingan," kata Ilham di kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis 20 September 2018.

Dia menjelaskan nantinya dua pasang capres dan cawapres akan dipanggil untuk mengambil nomor urut.

"Jika yang dapat paling kecil dia duluan untuk mengambil nomor peserta atau nomor Pemilu bagi calon presiden tersebut," ucap Ilham.

Nantinya, lanjut dia, kedua capres dan cawapres akan membuka nomor urut secara bersamaan.

"Nanti dibuka bersamaan untuk dilihat mereka dapat nomor urut berapa untuk Pemilihan Umum Capres," tutur Ilham.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengamanan Diperketat

Polri akan memperketat pengamanan di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat pengundian nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2019 berlangsung.

"Besok (hari ini) ada kegiatan yang besar di KPU penetapan pasti massa banyak oleh sebab itu pengamanan kami siapkan kami tingkatkan," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis (20/9/2018).

Meski begitu, Setyo tidak mengungkapkan berapa jumlah kekuatan personel yang bakal diterjunkan untuk mengamankan markas lembaga penyelenggara pemilu tersebut.

"Kalau personel harus dicek dulu. Tetapi untuk besok ada event pasti pengamanan diperketat," kata Setyo saat pengundian nomor urut capres-cawapres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.