Tim Kampanye Nasional Yakin Arus Utama NU Mendukung Jokowi-Ma'ruf

Oleh Putu Merta Surya Putra pada 14 Sep 2018, 14:21 WIB
Diperbarui 16 Sep 2018, 14:13 WIB
Jokowi Minta Doa Restu Istri Gus Dur

Liputan6.com, Jakarta - Kubu Jokowi-Ma'ruf Amin maupun Prabowo-Sandiaga sowan ke kediaman Sinta Nuriyah Wahid, istri almarhum Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Dalam pertemuan itu mencuat nama putri Gus Dur Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid atau akrab disapa Yenny Wahid, untuk masuk ke dalam tim kampanye salah satu capres-cawapres

Kunjungan ini menimbulkan spekuasi, kedua kubu ingin menjaring suara para Gusdurian atau para pendukung dan pengikut Gus Dur.

"Saya kira begini, Gusdurian ini bagian dari keluarga besar NU. Kalau kita lihat sejarahnya Nahdliyin kan memang tidak pernah satu. Jadi pasti ada elemen yang berbeda meskipun ada arus utamanya," ucap Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Arsul Sani, di Posko Cemara, Jumat (14/9/2018).

Dia yakin, arus utama Nahdlatul Ulama (NU) akan mendukung Jokowi-Ma'ruf.

"Kalau kita bicara arus utama saat ini, kami yakin bahwa pasti mendukung ke Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf Amin. Karena saya baru kembali dari beberapa daerah, saya tanya sama teman-teman NU, terlepas soal katakanlah kritik terhadap pemerintah di kalangan Nahdliyin," jelas Arsul.

Selain itu, masih kata dia, faktor Kiai Ma'ruf yang masih menjadi Rais Aam PBNU, juga dijadikannya patokan.

"Bagi kalangan Nahdliyin, karena yang jadi cawapres itu Rais Aam dan kiai senior dari kalangan Nahdliyin, persoalannya bagi Nahdliyin adalah membela kehormatan dari ulamanya," pungkas Arsul.

2 of 2

Berburu Restu Gus Dur

Bakal calon presiden Prabowo Subianto menyambangi kediaman istri mendiang Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Sinta Nuriyah di Ciganjur, Jakarta Selatan. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)
Bakal calon presiden Prabowo Subianto menyambangi kediaman istri mendiang Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Sinta Nuriyah di Ciganjur, Jakarta Selatan. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambangi kediaman almharhum Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Jalan Warung Silah, Ciganjur, Jakarta Selatan, pada Jumat 7 September 2018.

Jokowi mengaku meminta doa restu kepada istri mendiang Gus Dur, Sinta Nuriyah. Hal ini disampaikam Jokowi usai menemui keluarga almarhum Gus Dur, di Jalan Warung Sila, Ciganjur. "Saya mohon doa restu dari Ibu Sinta," kata Jokowi.

Jokowi mengaku sudah empat kali mengunjungi kediaman almarhum Gus Dur. Dalam kunjungannya kali ini, ia juga ingin mengetahui kondisi Ibu Sinta Nuriyah dan keluarga Gus Dur khususnya.

Selanjutnya, bakal capres Prabowo Subianto juga menyambangi rumah Gus Dur. Dia mendapat hadiah dua buah buku dari istri Gus Dur, Sinta Nuriyah.

Buku pertama bertemakan Gus Dur berjudul A View from Inside, dan kedua adalah buku bertemakan Islam berjudul Menyoal Status Agama Pra-Islam.

"Ini ada hadiah buku, karena Pak Prabowo suka baca," kata Sinta sambil memberi buku tersebut di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis, 13 September 2018.

Sinta Nuriyah Wahid juga memberi petuah untuk bakal capres Prabowo Subianto. Sebagai seorang ibu bangsa, Sinta mengatakan, pesta demokrasi haruslah dibawa ke arah yang damai dan bukan sebaliknya.

"Saya harap pesta demokrasi harus djadikan ajang kerukunan bagi semua anak bangsa. Bukan tempat saling hujat atau caci maki," pesan Sinta kepada Prabowo di kediamannya.

Tak hanya Prabowo, Sandiaga juga menemui istri Gus Dur. Dia mengaku kedatangannya untuk mendapat wejangan menghadapi kontestasi Pemilihan Presiden 2019.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓